Rumah Panggung Modern Solusi Banjir Tahunan di Indonesia

Rumah Panggung Modern Solusi Banjir Tahunan di Indonesia – Konstruksi panggung adalah warisan budaya dalam membuat bangunan dari nenek moyang kita. Tengoklah rumah tradisional di Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi, rata-rata berupa rumah panggung. Konstruksi yang “diangkat ke atas” seperti ini menuntut penggunaan struktur yang ringan. Rumah panggung menjadi alternatif di kota-kota besar di Indonesia dalam menghadapi banjir tahunan yang sering terjadi.
Rumah panggung jadi pilihan untuk menekan aktivitas pengurukan dan penimbunan tanah. Diperkirakan bahwa salah satu faktor penyebab banjir akibat banyaknya daerah tangkapan air berubah fungsi, misalnya kawasan rawa-rawa berubah menjadi lokasi perumahan dan perkantoran. kasus yang banjir yang sering terjadi di Samarinda sangat mengkhawatirkan karena bukan lagi bencana siklus tahunan dengan interval waktu cukup lama dulunya banjir besar terjadi pada siklus lima tahunan atau 10 tahunan namun kini setiap hujan lebat beberapa hari maka sejumlah kawasan akan tergenang air cukup tinggi. Kondisi itu akan lebih parah apabila bersamaan dengan pasangnya air Sungai Mahakam dan Sungai Karang Mumus yang membelah “Kota Tepian” itu.

Salah satu kasus di Indonesia banjir yang melanda kota Samarinda, banjir jarang terjadi karena hutan masih lebat serta banyak area kawasan tangkapan air hujan, apalagi hampir semua rumah warga adalah rumah panggung namun kini rumah panggung jarang terlihat, hanya rumah-rumah beton. Rumah-rumah dan bangunan beton itu memperburuk kondisi lingkungan di Samarinda karena harus menutupi beberapa lokasi yang sebenarnya adalah area tangkapan air, yakni kawasan rawa-rawa.

Kalau perlu DPRD membuat payung hukum (Perda) yang mengatur teknis pembangunan gedung dan rumah yang menggunakan tiang-tiang pada kawasan area tangkapan air. Perda tersebut diharapkan mengatur agar pembangunan Ruko (rumah toko), gudang dan bangunan lain tidak boleh menguruk atau menimbun kawasan yang menjadi area tangkapan air hujan. Sebenarnya, rumah panggung sangat indah dan artistik ketimbang rumah beton dan sangat mendukung program menekan kasus banjir, bagaimana dengan jakarta, apakah akan meneliti lebih lanjut kelayakannya untuk diterapkan di Jakarta yang setiap tahun terjadi banjir.

1 Komentar

Filed under Arsitektur

One response to “Rumah Panggung Modern Solusi Banjir Tahunan di Indonesia

  1. wah mas tip nya boleh juga rumah saya sering ke banjiran tuh… ditunggu tips yang lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s