Hidup Sehat Dengan Cara Alami

Aktivitas yang padat menuntut seseorang untuk tetap sehat, menerapkan pola hidup sehat dan alami menjadi solusinya agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Olahraga secara teratur juga penting dalam menerapkan cara hidup sehat dan yang tak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi bahan-bahan alami demi menjaga kesehatan dan juga kecantikan kaum hawa.

Maraknya beragam obat-obatan herbal dan sayuran organik di pasaran semakin mendukung pola hidup alami. berikut bahan-bahan tumbuhan alami yang dapat dipakai dalam perawatan kesehatan dan kecantikan.

Lidah Buaya
Aloe Vera (latin) berkhasiat untuk perawatan rambut dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk perawatan kulit, seperti menjaga kelembaban kulit. Zat lignin yang terkandung dalam gel lidah buaya dapat meresap kedalam kulit serta mampu menjaga cairan tubuh. Dengan demikian cairan tubuh dari permukaan kulit tidak cepat hilang sehingga kulit pun tak mudah kering.

Temulawak
Kandungan kurkumin dalam rimpang temulawak bermanfaat sebagai anti radang dan perlindungan hati dari kerusakan (hepatoprotector). Tanaman ini memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina, mengatasi gangguan haid, gangguan lambung dan hati, mencegah jerawat dan anemia.

Wortel
Dibalik rasanya yang manis dan segar, wortel menyimpan beragam manfaat. Betakaroten dalam wortel bersifat antioksidan. Selain baik bagi kesehatan mata. Wortel juga dapat meningkatkan stamina, mencegah kangker, menurunkan kolestrol, serta mengatasi radang kulit. Untuk kecantikan wortel juga dapat dijadikan masker wajah.

Kencur
Kencur merupakan salah satu bahan utama pembuatan jamu beras kencur. Minuman khas Indonesia ini selain sebagai jamu penambah napsu makan, kencur juga bermanfaat tanpa harus diolah menjadi beras kencur terlebih dahulu. Khasiat kencur adalah dapat mengatasi kelelahan akibat padatnya aktivitas, masuk angin, radang lambung, memperlancar haid. Disamping itu atsiri kencur berkhasiat melindungi kulit.

Mentimun
Buah mentimun disinyalir sebagai obat pelangsing yang sempurna karena memberi efek mengenyangkan. Mentimun kaya akan kalori, vitamin A dan C, serta kalsium, kandungan airnya mencapai 90% bermanfaat menghilangkan bakteri diusus maupun dindin kantung kemih. Manfaat lainnya adalah menurunkan demam, mendinginkan kulit, mengatasi hipertensi dan menyembuhkan cacingan pada anak.

Kemangi
Daun beraroma khas sering disantap sebagi lalapan, menurut pengobatan tradisional, aroma khas tersebut berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, bau mulut, dan menyembuhkan sariawan. Bagi penderita insomania kemangi dapat memberikan efek menenangkan sehingga sangat cocok dikonsumsi bila anda sulit tidur.

Daun Pandan
Bau harumnya membuat daun pandan kerap dipilih sebagai pengharum masakan. Padahal daun pandan dapat berkhasiat untuk lemah syaraf, rematik, pegal linu, ketombe, menghitamkan rambut, rambut rontok, sakit disertai gelisah, serta menambah nafsu makan.
(Disarikan dari berbagai sumber)


4 Komentar

Filed under Tips Triks

4 responses to “Hidup Sehat Dengan Cara Alami

  1. HaS

    Akhir-akhir ini saya sering makan kemangi, dan ternyata kasiatnya terbukti. thanks infonya

  2. Banyak faedahnya/manfaatnya, terima kasih..

  3. waduh saya gak suka sayuran tuh, tapi kayaknya harus mulai makan deh…hehehe thanks info nya.:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s