Minum Kopi Hindari Kanker Prostat

Minum kopi secara teratur membantu menurunkan risiko kanker prostat stadium lanjut. Studi yang telah dipresentasikan pada konferensi American Association for Cancer Research menunjukkan, laki-laki yang paling banyak minum kopi berisiko 59 persen lebih kecil mengalami kanker prostat stadium lanjut dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Menurut peneliti, masih terlalu awal untuk menganjurkan agar laki-laki mulai minum kopi untuk mencegah kanker prostat, tapi hasil studi sangat menjanjikan.

“Sangat sedikit faktor gaya hidup yang secara konsisten berkaitan dengan risiko kanker prostat, khususnya dengan risiko penyakit agresif, jadi akan sangat menarik jika hubungan ini juga dikonfirmasi oleh studi-studi lain,” tutur peneliti Kathryn M. Wilson, PhD, dari Channing Laboratory, Harvard Medical School and the Harvard School of Public Health, seperti dikutip situs webmd.”Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk berhenti minum kopi hanya karena takut kanker rpostat.”

Studi ini, terang peneliti, merupakan studi pertama yang melihat keduanya-keduanya, risiko umum kanker prostat dan risiko kanker prostat lokal dan kanker prostat stadium lanjut yang telah menyebar ke luar prostat.

Komponen

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis informasi dari Health Professionals’ Follow-Up Study, yang melibatkan data kebiasaan minum kopi dari hampir 50,000 laki-laki dari 1986-2006. Dalam selang waktu ini, 4,975 laki-laki tersebut menderita kanker prostat.

Hasil studi menunjukkan bahwa laki-laki yang paling banyak minum kopi (6 cangkir atau lebih per hari) memiliki risiko 59 persen lebih rendah mengalami kanker prostat agresif (penyakit fatal atau stadium lanjut) dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Akan tetapi, terang peneliti, efek ini tidak hanya disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi. Studi menunjukkan bahwa laki-laki yang minum kopi tidak berkafein juga mengalami pengurangan risiko yang sama.

Kopi, lanjut peneliti, juga mengandung komponen bermanfaat seperti antioksidan dan mineral-mineral yang turut berperan dalam mencegah kanker prostat.”Kopi mempunyai efek terhadap metabolisme insulin dan glukosa serta kadar hormon seks, semuanya berperan dalam kanker prostat,” terang Wilson

Tinggalkan komentar

Filed under Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s