Gempa Hillang, Angin Puting Beliung Datang, Kuala Kapuas Meradang

Musibah yang terus terjadi dibumi nusantara ini, setelah gempa yang terjadi di pulau Jawa dan Sumatera terjadi kini musibah baru terjadi, kali ini bukan berasal dari perut bumi tapi berasal dari atas bumi kita.

Menurut berita Antara News, sebanyak 45 rumah di Desa Palangkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, rusak berat dan ringan diterjang angin puting beliung. Camat Kapuas Murung, Yusransyah mengatakan, peristiwa alam itu terjadi sekitar Kamis 4.45 WIB dan berlangsung sekitar 3 menit. “Pada waktu itu hujan lebat disertai angin kencang dari arah barat ke timur dan dari arah sebaliknya sehingga mengakibatkan rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Tiga unit rumah dilaporkan rusak parah, sedangkan 42 unit rumah rusak ringan. Berbagai fasilitas umum juga rusakan seperti menara langgar Narul Anwar, menara kubah Mesjid Nurul Hidayah, dermaga desa, tiang dan kabel listrik serta kantor lembaga simpan pinjam masyarakat desa.”Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan hingga sekarang kerugian materil masih belum kami hitung.

Kalau berdasarkan wikipedia pengertian dari angin puting beliung istilah keren-nya Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km

Bisa dibayangkan apabila terjadi angin puting beliung begitu dasyat-nya kekuatan angin tersebut, dapat menyapu apapun yang ada di atas bumi ini.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s