Minum Teh Redakan Kecemasan

Teh bukanlah minuman asing bagi kita tetapi teh telah menjadi minuman tradisional yang banyak digemari sampai saat ini. Ternyata manfaat secangkir teh dapat digunakan untuk meredakan kecemasan dalam sistem pengobatan tradisional Inggris. Akan tetapi, studi terbaru menemukan bahwa secangkir teh mempunyai manfaat kesehatan selain meredakan stres.

Peneliti dari Newcastle University menemukan sejenis teh mint, Brazilian Hyptis Crenata, yang sama efektifnya dengan aspirin dalam meredakan rasa sakit. Para pakar kesehatan dari Brazil telah menggunakan teh ini sebagai obat selama berabad-abad. Akan tetapi, ini merupakan bukti ilmiah pertama yang membuktikan efektivitas kandungan penyembuh di dalamnya.

Seperti misalnya teh hijau, dipercaya mengandung komponen antiperadangan yang sangat kuat. Beberapa studi telah menemukan bahwa teh hijau bisa meredakan rasa sakit akibat radang sendi.

Teh tradisional

Teh tradisional juga terbukti mengandung komponen obat. Daunnya, yang diambil dari tanaman Camellia sinensis untuk memproduksi teh hitam, teh hijau atau teh oolong, mengandung flavonoid (melindungi dari penyakit jantung) dalam konsentrasi tinggi dan polyphenols (melindungi dari kanker).

Kandungan antioksidan di dalam teh membantu melawan kanker kulit dan jenis kanker lainnya serta menurunkan kolesterol. Tapi, teh yang sudah menjalani proses pengangkatan kafein cenderung kurang efektif.

Peneliti dari Jepang telah menemukan bahwa teh oolong bisa membantu mencegah kerusakan gigi dan meredakan rasa nyeri. “Anda perlu minum 3 cangkir teh sehari untuk mendapatkan manfaatnya. Seduh teh dan biarkan selama 5 menit agar air panas bisa menarik materi tumbuhan di dalamnya,” tutur Profesor phytochemistry dari University of London School of Pharmacy Simon Gibbons, seperti dikutip situs dailymail.(Sumber : MI)

Tinggalkan komentar

Filed under Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s