Antara Mak Erot dan Karir Politk Ayu Azhari

Mak Erot lahir di Cigadog, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lebih dari 130 tahun lalu. Mak Erot adalah anak dari pasangan Boi dan Layi. Seperti dikutip dari situs web Klinik Tradisional Mak Erot, nama Erot memang sudah diberikan sejak lahir.
Perempuan tua yang konon berusia 130 tahun itu, membawa nama Sukabumi menjadi legenda baru. Terapi untuk lelaki. Dalam waktu singkat, nama Mak Erot melejit. Sampai-sampai, orang sulit mengetahui mana Mak Erot asli, maka Mak Erot tidak asli.Mak Erot menjelma menjadi bisnis penyembuhan alternatif. Berkembang luas banyak di kota-kota besar Indonesia. Juga di luar negeri, yang banyak komunitas masyarakat Indonesia: Hongkong, Arab atau Abu Dhabi.
Merek dagang Mak Erot, menghidupi banyak orang. Anak-cucu Mak Erot berubah nasibnya. Kawasan Pelabuhan Ratu, hidup secara ekonomi. Ratusan papan nama bermunculan. Semuanya menjual alternatif kesehatan lelaki. Hingga, Agustus 2008 lalu, Mak Erot (yang asli) meninggal dunia. Sempat dirahasiakan. Orang baru tahu, setelah 14 hari Mak Erot disemayamkan. Dan, pelan tapi pasti, nama Mak Erot mulai surut. Juga ratusan ribu orang yang hidup dari merek dagang Mak Erot.
Kini, Sukabumi mulai muncul lagi dalam sebuah legenda politik yang sensasi. Yaitu, masuknya nama artis papan atas Ayu Azhari dalam bursa calon Wakil Bupati Sukabumi.Tepatnya, tanggal (24/12) Ayu resmi mendaftar ke PDI-P. Ayu rupanya berminat menjadikan PDI-P sebagai kendaraan politiknya untuk mencapai jenjang karier barunya: menjadi Wakil Bupati Sukabumi, kalau jadi.
Apa ada yang salah?
Tidak.
Siapapun, bukan saja Ayu Azhari, boleh mencalonkan diri sebagai Cawabup, atau bahkan Bupati sekalipun. Yang tidak boleh cuma 5: bukan WNI, masih di bawah umur, tidak lulus tes kejiwaan, tidak punya pendidikan formal dan tidak dalam status pidana. Jadi, sebagai warga negara Indonesia, yang sudah cukup umur dan sehat jasmani-rohani, serta tidak dalam status pidana, Ayu boleh mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sukabumi. Artinya, secara politik, Ayu sah dan punya peluang meraih jabatan itu.
Nah, yang menjadi menarik adalah masa lalu Ayu. Tentu publik banyak tahu, bahwa Ayu menjalani profesinya sebagai artis, tidak lempeng-lempeng aja. Ada beberapa gejolak kontroversi, terutama terkait dengan keberanian Ayu berakting di beberapa filmnya. Juga, foto-foto Ayu kala masih muda.
Tentu, itu bagian dari perjalanan hidup Ayu Azhari. Termasuk kehidupan rumah tangganya. Nah, di sinilah poin pentingnya: bahwa pencalonan Ayu Azhari menjadi Cawabup Sukabumi nanti, akan mempunyai banyak implikasi politik. Satu, akan menjadi ukuran seberapa reaktif rakyat Sukabumi menerima masa lalu Ayu Azhari.
Dua, bahwa bisa saja Ayu menjadi penting bagi Sukabumi, karena brand image-nya, yang siapa tahu malah bisa menjual potensi wisata Sukabumi. Tiga, atau malah akan menjadi kontra-produktif jika masa lalu Ayu akan menghantui rakyat Sukabumi, yang tentu saja masih religius. Empat, kita tunggu saja perkembangannya. (inilah.com)

1 Komentar

Filed under Hari Ini

One response to “Antara Mak Erot dan Karir Politk Ayu Azhari

  1. setelah mak erot meninggal, apa tidak ada penggantinya? dan apkah penggantinya itu sama kemampuannya dengan alm.mak erot?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s