Ternyata Ada Jutaan Orang Menggunakan Password Yang Sama

Password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya). Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut.(wikipedia.Org)
Namun kenyataannya dari hasil penelitian menunjukkan hampir 16 juta orang menggunakan password yang sama untuk setiap website. Jika hal semacam ini terus berlanjut maka berpotensi kejahatan dunia maya yang bisa menuntun pencurian uang dari akun bank.
Peneliti menemukan 46% pengguna internet di Inggris atau sekitar 15,6 juta orang menggunakan password yang sama untuk sebagian besar akun berbasis web dan 5% atau 1,7 juta pengguna menggunakan password yang sama untuk tiap situs. Sebanyak 29% menggunakan variasi password yang sama, contoh menggunakan hari atau minggu atau angka di akhir kombinasi kata password, tanggal yang mudah diingat, nama anak dan nama muda ibu digunakan oleh 1 dari 10 orang. 1 dari 5 pengguna mendaftar dengan nama hewan peliharaan mereka. Pengguna disarankan untuk menyimpan dengan baik rahasia passwordnya, tetapi 40% mengungkapkan password kepada teman atau anggota keluarga, sementara 2% orang tua mempunyai akses.
Sarah Blaney, seorang ahli keamanan pencurian identitas di CPP mengatakan, “Orang kurang sensitif termasuk dengan keamanan jika menggunakan kata kunci yang sama untuk rumah, mobil dan garasi mereka”. Padahal satu dari 10 pengguna online diretas akunnya. Sebanyak 18% digunakan dalam pencurian identitas membeli barang, 12% diambil uangnya secara langsung dan 5% identitasnya dicuri secara permanen.
Salah satu peretas komputer mengatakan, “Seorang penjahat online yang mampu menemukan satu buah password akan memiliki semua kunci. Mereka kemudian bisa melakukan apapun yang diinginkan terhadap akun korban.” Memvariasikan digit kombinasi password sangatlah mudah bagi seorang peretas. Jika password Januari misalnya, maka peretas akan menggunakan Februari, Maret dan seterusnya untuk situs lainnya. Memang sangatlah sulit mengingat banyak password tapi hal itu sangat vital. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan password dalam satu tempat, dan cukup mengingat nama dan password tempat penyimpanan tersebut.
“Pastikan perangkat antivirus diperbaharui selalu, tidak percaya pada siapapun dan hanya mengetikkan informasi penting jika memang dirasakan aman,” tambah peretas komputer tersebut (source:Inilah.com)

2 Komentar

Filed under Hari Ini

2 responses to “Ternyata Ada Jutaan Orang Menggunakan Password Yang Sama

  1. salam kenaltx info passwordnya yajadi tahu nic

  2. afi cantik

    mantabbb infonyasalam kenal ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s