Fantastik Ikan Tuna Raksasa Dilelang Seharga $ 177.000

A bluefin tuna raksasa berhasil dilelang seharga 16.3 juta yen ($ 177.000) dalam lelang   pasar ikan terbesar di Jepang selasa 5 Janjuari 2010. Berat A bluefin mencapai 513-pound (233-kilogram)  adalah ikan terberat sejak tahun 2001 ketika itu beratnya hanya mencapai 440-pound (200 kg) tetapi  laku dilelang seharga 20.2 juta yen ($ 220.000) di Pasar Tsukiji Tokyo merupakan rekor tertinggi pelalangan ikan tuna.
Ikan tuna raksasa yang dibeli oleh pendiri dua Restoran sushi  yang berbasis di Jepang dan di Hong Kong , kata seorang wakil pasar kondisi anonimitas karena ia tidak berwenang untuk mengungkapkan informasi.
Diberitakan ikan tuna raksasa tertangkap di lepas pantai utara Jepang, sebagian besar  tuna disiapkan untuk lelang Selasa. Sekitar 40 persen peserta lelang berasal dari luar negeri, termasuk dari Indonesia dan Meksiko.

Jepang adalah konsumen terbesar di dunia makanan laut, Jepang mengkonsumsi hampir 80 persen ikan dari Atlantik dan Pasifik adalah tempat bluefins tertangkap. Kedua spesies tuna yang paling dicari oleh pecinta sushi.

Namun, konsumsi tuna di Jepang telah menurun karena krisis ekonomi berkepanjangan, Jepang sebagai dunia ekonomi terbesar kedua tengah memperjuangkan untuk keluar dari  resesi terburuk sejak Perang Dunia II. Permintaan ikan tuna menurun dratis dibandingkan sebelum resesi, terlepas dari penurunan permintaan untuk ikan tuna, grosir khawatir tentang aturan yang lebih ketat terhadap penangkapan ikan tuna.

Komisi Internasional untuk Konservasi Atlantic Tunas pada bulan November memangkas kuota untuk menangkap 2010 oleh sekitar sepertiga untuk 13.500 ton (12.250 metrik ton) – langkah yang dikecam oleh organisasi lingkungan hidup karena tidak akan pengaruh banyak terhadap lingkungan.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s