Kontroversi Penggunaan Kata "Allah" oleh Umat Non Muslim

Ketegangan antara umat Muslim dan Kristen terjadi di Malaysia, hal ini terjadi setelah pengadilan di Malaysia sementara membekukan putusannya yang membolehkan kalangan non Muslim menggunakan kata “Allah” ditengah pengajuan banding yang dilakukan pemerintah setempat.
Hakim Tinggi Lau Bee Lan mengatakan dalam putusannya 31 Desember lalu, putusan yang sudah diambil tidak akan berlaku hingga Pengadilan Banding memutuskan permohonan banding yang diajukan Kementrian Dalam Negeri belum ada tanggal yang ditetapkan untuk sidang banding tersebut.
Jaksa Agung Abdul Gani Patail menyambut pembekuan ini. “Makin cepat kasus ini diselesaikan makin baik bagi seluruh warga di negeri ini. Sejauh yang saya pahami kasus ini jadi perhatian seisi bangsa,”kata Patail. Dalam putusannya yang menghebohkan, Hakim Lau membatalkan larangan penggunaan kata ”Allah” selama tiga tahun sebagai terjemahan kata “Tuhan”.
Putusan ini dipandang sebagai kemenangan kalangan minoritas yang menganut ajaran Kristiani, Hindu dan agama lain. Lau menjatuhkan putusan itu setelah mendengar permohonan The Herald, media utama kalangan gereja Katolik Roma di Malaysia, yang menggunakan kata Allah untuk menerjemahkan kata Tuhan dalam bahasa melayu yang dibaca oleh penganut Kristen warga suku di wilayah terpencil negara bagian Sabah dan Sarawak.

Pemerintah berpendapat kata Allah, yang berasal dari bahasa arab yang mendahului lahirnya Islam, adalah milik eksklusif kaum Muslim, dan penggunaan kata itu oleh agama lain akan menyesatkan. Sejumlah pegiat agama Islam mengatakan penggunaan kata itu akan memikat warga Muslim berpindah iman kepada Kristiani. Kalangan ini menolak argumen bahawa kata “Allah”sudah banyak dipakai oleh kalangan Kristen di negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Suriah, Mesir dan Indonesia dalam kegiatan agamanya. Muslim di Malaysia merupakan 60 persen dari 28 juta warganya. Etnis Cina, India dan suku terasing merupakan sisanya.
Kuasa Hukum The Herald tidak menyampaikan keberatan atas putusan Hakim Lau tersebut. “Kami sepakat demi kepentingan nasional,” kata pengacara Derek Fernandez. Sementara editor The Herald, Pastor Lawrence Andrew, mengatakan: “Kami ingin bersikap rasional. Kami tidak mau bersikap emosional.” (VOA News Indonesia).

2 Komentar

Filed under Hari Ini

2 responses to “Kontroversi Penggunaan Kata "Allah" oleh Umat Non Muslim

  1. Selamat Tahun Baru 2010Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa NusantaraSahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..DEMI MASA..DEMI WAKTU..WAL ASRI..semuanya sudah kita lalui bersama sama..Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan TuhanSesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baikBukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikanSahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kitaMari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajarMenemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran SepenuhnyaWalau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit sajaFenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melandaTapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERASegera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikanIngat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathinJika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanahTetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalananDiri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkanMenangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di siniSahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masingSebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjangDiri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semuaTahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam DiriMari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagiSekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..Sebelum TERLAMBATSelamat Tahun Baru 2010

  2. KangBoed

    Selamat Tahun Baru Semangat Baru Menemukan Diri Sebenar Diri Meraih Kehidupan Sejati..:lol:😆😆😆 :lol:RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untukMENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIASalam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaankI Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s