Rekor Lelang Uang Koin Seharga 37 Milyar Rupiah

Kolektor memang tidak berpikir tentang uang, kesenangan dan nilai sejarah yang dinomorsatukan  lihat saja hanya sebuah koin AS buatan 1913 yang pernah dimiliki raja Mesir dan belakangan sering digunakan di film-film detektif AS laku terjual dalam sebuah lelang di Florida seharga US$3,7 juta atau hampir Rp37 miliar.

Koin pecahan lima sen yang juga populer dengan sebutan Liberty Head tersebut ternyata diproduksi sangat terbatas. Total hanya terdapat lima koin dengan desain dan tanggal yang sama dengan koin tersebut.
“Liberty Head telah dijual dengan dalam sebuah lelang dengan penawaran yang sangat seru,” ujar pimpinan rumah lelang Dallas yang berpusat di Texas, AS, Greg Rohan.

Sang pemilik baru koin tersebut harus merogoh kantong untuk mengeluarkan US$3.737.500 demi koin tersebut. Tetapi ia tidak berkenan namanya dipublikasikan. “Bisa jadi koin tersebut adalah koin kuno paling populer di Amerika Serikat,” tambah Rohan.

Koin Liberty Head sempat dimiliki raja Mesir Farouk yang digulingkan pada 1952. Setelahnya, koin tersebut berpindah tangan beberapa kali dan sempat tampil sebagai bagian dari film seri terkenal Hawaii Five-O. Koin buatan Philadelphia dengan desain Miss Liberty dilaporkan juga sempat dihargai jutaan dolar pada 2003 silam. Wow..sebuah penjualan koin yang fantastik.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s