Susno Duadji Pahlawan Kesiangan

Kesaksian mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji dianggap sebagai pahlawan kesiangan. Kalau bicara kebenaran kenapa tidak dari kemarin, saat dirinya memiliki kewenangan menjadi Kabarreskrim Polri, hal ini dilontarkan oleh Staf Ahli Kapolri, Kastorius Sinagar dalam perbincangan stasiun televisi swasta di Jakarta, Senin (11/1).
Pengajar di FISIP UI ini pun menilai, psikologi mantan Kapolda Jawa Barat tersebut berada dalam kondisi yang labil. Kendati demikian, Kastorius mengaku, langkah Susno tersebut merupakan langkah positif di tubuh Polri. “Ini merupakan introspeksi dan mawas diri bagi kepolisian. Langkah susno bisa menjadi demoralisasi bagi Polri secara keseluruhan,” tandas Kastorius
Dalam kesempatan yang lain menurut PWI “Kesaksian Susno Wujud Reformasi Polri”  Pane mengatakan, tindakan dan keputusan Susno itu perlu mendapatkan dukungan dari semua kalangan untuk proses reformasi pada salah satu lembaga penegak hukum tersebut. Ia menyatakan, kesaksian mantan Kabareskrim Polri itu juga bertujuan membantu pengadilan guna mengungkap kebenaran dan proses yang sebenarnya terjadi.
Lebih lanjut, Pane menjelaskan tidak menjadi persoalan Susno hadir sebagai saksi persidangan dan mengenakan baju dinas karena hakim mengizinkan untuk memberikan keterangan. “Karena pengadilan negeri adalah wilayah otonom hakim,” ujar Pane.
Sebelumnya, Susno menjadi saksi meringankan terdakwa mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar pada sidang pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Jenderal bintang tiga itu diminta memberikan keterangan oleh tim kuasa hukum dan menjadi saksi sebagai pribadi atau tidak mengatasnamakan lembaga Polri. Namun keputusan Susno itu mendapatkan reaksi dari petinggi Polri karena mantan Kapolda Jawa Barat itu menjadi saksi tanpa meminta izin atau pemberitahuan kepada Kapolri, Jenderal Pol. Bambang Hendarso Danuri, serta saat jam dinas.
 
Saat ini Susno dihadapkan pada pemeriksaan dugaan pelanggaran disiplin dan kode etik Polri dengan ancaman mendapatkan teguran hingga pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH), apapun yang terjadi pada Susno Duadji mudah-mudahan menjadi cambuk bagi Porli agar segera mereformasi diri menjadi lembaga yang bersih dari kepentingan segelintir orang, dan saya berharap pak Susno mendapatkan perlakuan yang adil, Hidup Susno…….

1 Komentar

Filed under Hari Ini

One response to “Susno Duadji Pahlawan Kesiangan

  1. btw beliau sekrang kerja apa ya hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s