Google Berencana Menutup Kantor dan Situsnya di Cina

Google Cina diluncurkan pertama kali secara kontroversi di Cina  tahun 2006 silam dengan memberikan konsesi terhadap pemerintah Komunis itu untuk menyaring isi yang dianggap “tidak pantas” di situs. Ketatnya sistem penyortiran informasi menyebabkan terhambatnya arus informasi ke negara tersebut, bukan itu saja yang menjadi pertimbangan Google akan menutup  operasi kantor beserta situsnya karena sebagian bisnis google di Cina tidak berjalan dengan baik.  Pihak Google berencana melakukan diskusi dengan pemerintah Cina minggu depan untuk meminta pencabutan sensor.

..jika (pemerintah Cina) sama sekali tidak menanggapi, kami menyadari bahwa ini mungkin berarti kami harus  menutup Google.cn dan kantor kami di Cina.” ujar David Drummond, direktur hukum dan pengembangan perusahaan Google, dalam pernyataan resmi di situs Google seperti dikutip The Telegraph, Senin (12/1).

Dalam blog website perusahaan diungkapkan, Google melakukan itu karena manfaat dari peningkatan akses informasi dan akses Internet yang lebih terbuka bagi rakyat Cina . Namun, sejumlah serangan cyber dengan target para aktivis hak asasi manusia dan pengekangan kebebasan berbicara di situs yang dilancarkan pemerintah Cina, menyebabkan Google harus meninjau kembali kelayakan operasi bisnisnya di Cina.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s