Jangan Lakukan Karena Teriakan dan Pukulan Sebabkan Anak Jadi Bodoh

Namanya juga anak-anak terkadang susah untuk dimengerti, segala kemauannya harus dituruti  tak jarang membuat kesal dan marah, ketika sedang marah tanpa disadari kita suka berteriak atau bahkan memukulnya meskipun tidak serius.
Kalau Anda suka melakukan hal-hal di atas, sebaiknya anda hentikan kebiasaan buruk itu. Sebab, Pukulan dan teriakan yang kadang dimaksudkan untuk mendidik, ternyata justru dapat menyebabkan anak menjadi bodoh.

Psikolog Ery Soekresno dalam seminar “Mendidik Anak Tanpa Pukulan dan Teriakan” di Serang, Banten akir pekan lalu mengatakan, otak yang seharusnya dipakai untuk berfikir, hanya dipakai untuk mempertahankan hidup akibat pukulan dan teriakan.

Mendidik anak dengan cara memukul dan teriakan memang bisa mempercepat anak untuk mengerti yang diinginkan orang tua, namun hal itu bukan suatu penyadaran terhadap anak, karena ada unsur keterpaksaan.

“Yang harus dilakukan orang tua adalah membuat aturan dan memberikan konsekuensi saat anak melanggar aturan, sesuai dengan apa yang dilanggarnya,”

Jika mendidik dengan teriakan dan pukulan, maka yang bekerja adalah otak reftil yang ada dibelakang, sehingga anak jadi bodoh karena menggunakan otak itu untuk mempertahankan hidup.

Cara mendidik anak dengan teriakan dan pukulan bisa mengakibatkan anak menjadi kurang percaya diri. Anak juga akan cenderung melakukan tindakan kriminal karena meniru perbuatan orang tuanya.

2 Komentar

Filed under Kesehatan

2 responses to “Jangan Lakukan Karena Teriakan dan Pukulan Sebabkan Anak Jadi Bodoh

  1. makasih infonya sob, baru tahu kalau teriakan juga mengakibatkan keburukan bagi anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s