Cara Hacker Membobol ATM, Penggandaan Kartu ATM

Pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan modus penggandaan kartu ATM sangat mudah. Alat pengganda kartu ATM yang disebut skimmer tak mahal, ada yang hanya bernilai Rp 1,5 juta.
Informasi tersebut di dapat dari sebuah sumber,  sebut saja XX, XX biasa melakukan penggandaan kartu-kartu yang menggunakan teknologi magnetik.

“Saya juga punya alat itu,” katanya. “Murah, hanya Rp 1,5 juta,”. Sementara kartu magnetik yang berisi salinan juga dijual bebas.

Namun sejauh ini, XX mengaku belum pernah menggunakan alat itu untuk menggandakan kartu ATM. Kelompoknya masih sebatas seperti menggandakan kartu tanda mahasiswa yang menggunakan teknologi magnetik di sejumlah universitas untuk keperluan ujian dan lain-lain.

XX menyatakan belum mencoba masuk ke pembobolan ATM karena praktiknya rumit, dengan risiko yang sangat tinggi. Sementara cara kerjanya sendiri, katanya, sangat mudah.

“Tinggal pasang skimmer, lalu kamera,”  kemudian setelah kartu disalin oleh skimmer, kemudian tinggal dicari kata sandinya dengan berbekal pantauan kamera. “Kami juga bisa melakukan itu, namun praktiknya sulit,” kata lulusan sebuah perguruan tinggi negeri ternama itu. “Harus kerjasama dengan orang dalam,” katanya. “Minimal satpam ATM.”

Hati-hati Apabila Ada Laptop di ATM
Kamera pengintai (spycam) yang terpasang di beberapa ATM untuk merekam data nasabah yang terhubung ke komputer. Hal ini dicurigai karena pelaku menggunakan chip untuk merekam data nasabah lalu ada alat sejenis kamera kecil untuk mengawasi gerak jari nasabah saat menekan PIN. Tak jauh dari ruang ATM, ada seseorang yang memantau dengan membawa laptop.

“Dialah yang nantinya akan memasukkan data ke komputer sebagai modal membuat kartu baru yang dapat berfungsi seperti aslinya dan siap untuk digunakan,” untuk itu masyarakat patut waspada dan curiga jika ada orang yang mengoperasikan laptop di seputaran ATM.

Lokasi yang terpasang spycam dan chips ini biasanya berada di lokasi ATM yang tidak terpasang kamera pengintai (CCTV) yang dipasang pihak bank, dengan cara kerja yang cukup sistematis ini, aksi kejahatan ini dikerjakan banyak orang sehingga perlu diungkap dengan cepat.

2 Komentar

Filed under Hari Ini, Teknologi

2 responses to “Cara Hacker Membobol ATM, Penggandaan Kartu ATM

  1. bank sampai kebobolan sekian milyar rupiah.secara pribadi saya tak tertarik dgn cara2 trik2 oknum yg menggandakan atm,cuma pengen tau bagaimana bank lebih memperbaiki sistem atau keamanan di atmnya,truss bagaimana dgn uang nasabah yg sudah dibobol?? apakah bank akan menggantinya? atau dgn alasan itu perbuatan org tidak bertanggung jawab maka bank tidak perlu mengganti uang nasabahnya🙂

  2. sekalian jebol ATM jg ah disini 1 kebo Bule 2 jeruk Lokam !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s