Mengerikan 10.000 Mayat Dikubur Masal Tiap Hari

Foultone Fequiert, salah seorang pekerja penguburan, mengaku trauma dengan tugas mengerikan mereka. “Saya telah melihat begitu banyak anak, sangat banyak. Saya tak bisa tidur di malam hari dan kalaupun saya tidur, akan terus-menerus bermimpi buruk,” tutur pria berumur 38 tahun itu.

Memang sangat mengerikan, sekitar 10.000 jasad korban gempa setiap harinya diangkut ke kuburan massal di Port-au-Prince, ibukota Haiti. Jenazah para korban gempa itu diangkut dengan buldoser dan truk-truk. Menurut angka resmi pemerintah Haiti, sejauh ini diperkirakan 90 ribu orang telah dikubur sejak gempa dahsyat mengguncang Haiti pada 12 Januari lalu. Sekitar 110 ribu jenazah lainnya diperkirakan masih berada di antara reruntuhan bangunan.

Begitu banyaknya korban tewas sampai-sampai para pekerja penguburan tak punya waktu untuk memberikan penguburan yang layak secara agama. Mayat-mayat itu dimasukkan begitu saja ke tanah galian untuk dikubur secara massal.

Organisasi kemanusiaan terkemuka Prancis, Medecins Sans Frontieres mengingatkan, korban jiwa bakal bertambah lagi. Sebab banyak korban gempa yang terluka hingga kini belum diobati. Belum lagi munculnya penyakit-penyakit menular di tenda-tenda pengungsi.
“Ancaman kesehatan berikutnya termasuk wabah muntaber, infeksi saluran pernafasan dan penyakit lainnya di antara ribuan warga Haiti yang tinggal di kamp-kamp yang penuh sesak dengan sanitasi yang buruk atau bahkan tidak ada,” kata Dr Greg Elder dari Medecins Sans Frontieres.
Saat ini puluhan ribu warga Haiti masih dirawat karena mengalami luka serius di rumah sakit-rumah sakit darurat di Port-au-Prince. Gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Haiti diperkirakan telah menewaskan lebih dari 200 ribu orang.

1 Komentar

Filed under Hari Ini

One response to “Mengerikan 10.000 Mayat Dikubur Masal Tiap Hari

  1. Tapi tidak dikubur hidup2 kan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s