Tak Hanya Manusia Angsa Juga Bisa Bercerai

Hanya untuk kedua kalinya dalam 40 tahun perceraian sepasang angsa terekam dengan baik. para ahli mengatakan mereka sangat terkejut menyaksikan ”perceraian” sepasang angsa di kawasan  perlindungan satwa Gloucestershire.

Sepasang angsa jenis Bewick kembali ke kawasan perlindungan satwa liar Wildfowl and Wetlands Centre di Slimbridge untuk musim dingin tetapi membawa pasangan baru masing-masing.  Para pegawai kawasan perlindungan satwa liar menggambarkannya sebagai sebuah keanehan. Spesies burung biasanya tidak pernah berganti pasangan kecuali salah satu mati.

Selama empat dasawarsa, dari empat ribu pasang angsa yang diteliti di Slimbridge, baru satu kali terjadi satu pasangan bercerai dan menemukan pasangan baru mereka.

Biasanya setia

Kecurigaan akan peristiwa yang jarang terjadi ini muncul ketika angsa jantan yang diberi nama Sarindi tiba dari siklus migrasi tahunannya dari Rusia tanpa pasangannya Saruni. Sarindi datang dengan angsa betina lain yang kemudian di beri nama Sarind.

Para staf khawatir Saruni telah mati.Namun tak lama setelah kedatangan Sarindi, Sarundi datang bersama dengan pasangan barunya yang diberi nama Surune dan setelah melalui pengamatan panjang akhirnya bisa dimpulkan bahwa Saruni dan Sarundi telah berpisah dan masing-masing menjalin hubungan baru.

Julia Newth, penelitian kesehatan satwa di Slimbridge, mengatakan apa yang terjadi betul-betul mengejutkan pegawai kawasan perlindungan satwa tersebut. Menurutnya angsa biasanya sangat setia antara satu sama lainnya dan mempunyai keterikatan dengan pasangannya.

”Selama keduanya masih hidup, mereka akan selalu bersama. Biasanya mereka akan mencari pasangan baru kalau salah satu diantara mereka mati, bukan berdasar pada pilihan,” tambahnya lagi. Kedua pasangan itu sekarang sama-sama menghabiskan musim dingin di sebuah danau di Slimbridge.

Dikatakan kedua pasangan itu tidak saling menyapa dalam bentuk apapun juga walau hidup di satu danau yang bisa dikatakan kecil.

Penjelasan mengapa mereka berpisah masih belum bisa disimpulkan. Namun Newth mengatakan: ”Kegagalan beranak pinak mungkin salah satu alasannya, karena mereka telah dua tahun bersama tanpa terlihat adanya anak. Tetapi alasan pastinya tentu saja susah untuk diketahui.”

Angsa jenis Bewick ini merupakan salah satu angsa terkecil dan salah satu dari tiga jenis angsa yang langka diketemukan di Inggris Raya

1 Komentar

Filed under Pendidikan Keluarga

One response to “Tak Hanya Manusia Angsa Juga Bisa Bercerai

  1. Kera juga salah satu hewan yang setia pada pasangan dan tanah airnya..itu contoh untuk manusia yg diberi akal dan pikiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s