Ternyata Bukan Manusia Saja Yang Bisa Bikim Film, Monyet Juga Bisa

Manusia bikin film itu sudah biasa, tetapi kalau simpanse bikin film itu luar biasa. Untuk pertama kalinya sebuah film yang pengambilan gambarnya dilakukan oleh simpanse akan ditayangkan BBC sebagai bagian dari sebuah film dokumenter sejarah. Para simpanse ini menggunakan kamera yang dirancang khusus untuk mereka oleh para ahli primata.

Proses pembuatan film ini adalah bagian dari sebuah studi ilmiah untuk mengetahui lebih dalam bagaimana simpanse memperhatikan sesamanya dan dunia. Film karya para simpanse ini menurut rencana akan ditayangkan dalam program Chimpcam in BBC Two pada hari Rabu (27/1).

Orang yang berada di belakang ide ini adalah ahli primata Betsy Herrelko yang tengah mempelajari kebiasaan hidup primata di Universitas Stirling, Inggris. Selama lebih dari 18 bulan, Betsy Herrelko memperkenalkan teknologi video kepada 11 ekor simpanse yang tinggal di sebuah tempat penelitian baru di dekat Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia.

Tempat penelitian itu terdiri atas tiga arena luar ruangan yang saling berhubungan ditambah beberapa ruangan lebih kecil tempat para peneliti bisa mempelajari kebiasaan para simpanse. Meskipun para simpanse ini belum pernah berhubungan dengan sebuah proyek penelitian sebelumnya, namun dengan cepat mereka menunjukkan ketertarikan pada proses pembuatan film.
Dua tantangan

Penelitian Herrelko ini dilakukan dengan membuat dua tantangan bagi simpanse.Pertama adalah melatih simpanse untuk menggunakan layar sentuh saat memilih gambar yang berbeda. Tujuannya adalah untuk meneliti tipe gambar seperti apa yang paling digemari simpanse.

Tantangan kedua adalah para peneliti memberikan sebuah kamera yang ditaruh dalam sebuah kotak yang tahan terhadap “serangan” simpanse. Di atas kotak itu diletakkan sebuah layar video yang mempertontonkan gambar bergerak dari semua obyek yang tertangkap layar kamera.

Awalnya, para simpanse lebih tertarik pada sesama mereka ketimbang pada video tersebut. Namun, perlahan-lahan para simpanse itu mulai beralih mempelajari bagaimana cara memilih untuk menonton video yang berbeda. Sebagai contoh, simpanse bisa menggunakan layar sentuh untuk memutuskan melihat dunia di luar tempat penelitian atau ruang tempat para petugas kebun binatang mempersiapkan makanan.

Hasilnya -meski perlu penelitian lebih rinci- menunjukkan para simpanse ini tidak terlalu tertarik melihat dua film yang ditawarkan. Herrelko tidak mengetahui sebabnya namun kemungkinan besar karena mereka sudah terbiasa dengan gambar yang ditunjukkan atau karena mereka tidak bisa memilih untuk melihat video yang lain.

Membuat film

Dalam tahap akhir penelitiannya, Herrelko kemudian menyelidiki apa yang akan terjadi jika dia memberikan “kamera simpanse” kepada seluruh anggota kelompok.

Perlahan-lahan para simpanse itu mulai memainkan kamera dan membawanya ke seluruh sudut tempat penelitian. Tak lama kemudian simpanse mulai tertarik pada layar kamera dan melihat apa yang terjadi saat mereka menggerakkan kamera di sekitar objek yang sedang direkam.

Secara umum mereka lebih tertarik mencari gambar sendiri dengan menggunakan kamera ketimbang memilih gambar yang menggunakan layar sentuh. Para simpanse itu kemudian secara aktif mencoba untuk merekam berbagai macam benda atau mulai memahami bahwa dengan membawa kamera kesana kemari maka mereka tengah membuat sebuah film. Dan hasil rekaman para simpanse ini akan segera menghiasi sejarah televisi dunia

 

Tinggalkan komentar

Filed under Aneh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s