Goojje Menebar Ancaman, Akankah Google sanggup Menandingi

Benar-benar ujian berat bagi google, mesin pencari nomor wahid di dunia tersebut kini mendapat saingan dari negeri tirai bambu, namanya pun dibuat mirip, namanya Goojje. Situs internet ini memuat ciri-ciri branding yang sangat mirip Google, dan suku kata terakhir “jje” terdengar mirip dengan kata dalam bahasa Mandarin untuk menyebut kakak perempuan (jiejie).
Iseng-iseng saya coba mesin pencarian tersebut ternyata hebat juga, tak ada bedanya dengan google, menyajikan konten dan keterangan sama persis seperti google, akan kah ini merupakan ancaman China terhadap dominasi Google (Amerika) terhadap dunia maya ?, kita tunggu saja seperti apa kelanjutaannya.
Hasil pencarian dengan Goojje tampaknya disaring mengikuti ketentuan pemerintah Cina agar tidak menampilkan konten informasi yang sensitif. Google baru-baru ini menyatakan keberatan atas pembatasan-pembatasan tadi, namun situs baru ini tampaknya mendesak perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat itu agar bertahan di Cina. Goojje dilaporkan dirilis pada 14 Januari, 2010.

Google mengatakan pada 12 Januari bahwa sejumlah hacker telah mencoba menerobos kode piranti lunaknya dan akun e-mail kalangan aktivis hak asasi manusia di Cina dalam suatu serangan yang “sangat canggih”. 

Google bersaing dengan mesin pencari informasi Cina, Baidu. Google, yang mulai hadir di Cina pada tahun 2006, mengatakan akan tetap berada di Cina hanya jika pemerintah di sana mengendurkan sensor. Menurut kantor berita “Reuters” yang dikutip “BBC”, Goojje memuat pesan di situsnya yang berbunyi: “Saudara perempuan sangat senang ketika saudara laki-lakinya tidak lagi menimbang-nimbang untuk pergi dan tetap bersama saudara perempuan.”

Jika Goojje terdengar seperti kata “saudara perempuan”, kata Google terdengar mirip dengan kata dalam bahasa Mandarin yang berarti “kakak laki-laki”. Google menolak mengomentari perkembangan ini.

Sementara itu, situs yang mirip dengan situs berbagai video lewat internet YouTube juga muncul di Cina. Namanya YouTubecn.com, Situs tiruan tersebut juga menawarkan konten video YouTube sebenarnya. Tawaran video YouTube diblok di Cina. (sumber : pikiran rakyat)

1 Komentar

Filed under Hari Ini, Teknologi

One response to “Goojje Menebar Ancaman, Akankah Google sanggup Menandingi

  1. wah, apa gak pelanggaran tuh kan sama aja membajak brand Google??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s