Fahma Anak SD Yang Pandai Bikin Aplikasi Mobile

Satu lagi anak Indonesia bikin bangga, meskipun baru kelas 6 SD tapi Fahma telah mampu membuat aplikasi mobile. 
 
Rumit. Barangkali itu kata pertama yang akan tergambar di benak sebagian dari kita ketika mendengar kata pengembangan aplikasi dan bahasa pemrograman. Namun bagi Fahma Waluya, mengembangkan sebuah aplikasi mobile sungguh menyenangkan.
Fahma, demikian dia biasa disapa dengan bangga memamerkan aplikasi buatannya, di acara peresmian kerjasama antara ITB dengan Forum Nokia di Green Hill Universal Hotel, Bandung, Kamis (11/2/2010).

“Waktu buat aplikasi ini saya umur 10 tahun, sekarang umur saya 11 tahun. Jadi aplikasi ini selesai dalam waktu satu tahun. Menyenangkan buat aplikasi seperti ini,” ujar murid kelas 6 Sekolah Dasar Cendekia, Bandung ini.

Fahma kemudian menuturkan saat pertama kali mendapat ide membuat aplikasi ini. Pada waktu itu, Fahma sedang getol mempelajari Flash. Lalu ayahnya mengarahkannya untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

“Saya kan suka main game, terus ayah menantang saya. Coba Fahma, daripada main game terus-terusan lebih baik buat program yang ada manfaatnya,” ucap Fahma menirukan ucapan ayahnya.

Hobi Fahma memang didukung oleh kedua orangtuanya, apalagi ayahnya, yang notabene merupakan kepala laboratorium pengembang aplikasi dan teknologi WINNER di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Nama aplikasi ini BHAW, singkatan dari Belajar Huruf Angka dan Warna. Aplikasi ini semacam game untuk anak-anak, membantu mereka belajar huruf, mengenal angka dan juga warna,” terang Fahma.

BHAW yang dibuat Fahma ini rupanya menarik perhatian Forum Nokia dan dalam waktu dekat ditargetkan masuk ke toko aplikasi milik Nokia, Ovi Store.

Fahma yang juga hobi menulis dan bercita-cita menjadi dosen elektro seperti ayahnya ini punya segudang prestasi lainnya. Yang terbaru, pekan lalu Fahma memenangkan Kontes Imuwan Robot Cilik (KIRC) yang diadakan di Bandung Electronic Centre (BEC).

Karya Fahma berupa lampu lalu lintas berbentuk burung garuda berhasil menyabet gelar juara pertama. Kemenangan ini sekaligus menjadi tiket bagi Fahma untuk melaju ke kontes robotik berikutnya di Jakarta, untuk disaring lagi dan dipilih mewakili Indonesia untuk bertanding di Korea.

“Dari sekarang sih sudah siap-siap untuk lomba yang di Jakarta. Yang sekarang robotnya lebih canggih karena lebih lengkap alatnya. Mudah-mudahan saja bisa menang, doakan saja,” kata Fahma dengan nada optimis.(okezone)

4 Komentar

Filed under Gadget, Games

4 responses to “Fahma Anak SD Yang Pandai Bikin Aplikasi Mobile

  1. Hebat!Brilliant tuh si Fahma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s