Tips Agar Anak Mau Menyantap Makanan Sehat

Anak selayaknya diberi makanan yang sehat dan bergizi, tetapi kadang anak susah untuk menyantap makanan yang sehat dan biasanya anak-anak lebih suka jajanan warung dari pada makan makanan bergizi di rumah.
Berikut tips dari dr. Kutip Bermudez, Direktur Medis Program Gangguan Makan Klinik dan Rumah Sakit Jiwa di Tulsa, Oklahoma, AS, agar buah hati mau menyantap makanan sehat dan bernutrisi.

1. Jangan menyalahkan Anak
Hindari menyalahkan, mengancam atau menghukum anak-anak karena kelebihan berat badan, makan berlebih atau kurang kegiatan fisik. Hal ini dapat menumbuhkan rasa malu dan kemarahan anak. Mereka akan merasa buruk karena kelebihan berat badan dan akhirnya makin rentan terkena gangguan makan.

2. Jangan labeli anak-anak Anda
Beberapa orang tua memberikan label untuk anak-anak mereka. Tanner-Blasiar mengatakan melabeli anak dengan julukan lambat, cepat, kurus atau gemuk dapat membuat anak menghabiskan sisa umurnya dengan label dari orang tua.

3. Jangan menghilangkan makanan kesukaan mereka
Sesekali menyajikan makanan kesukaan seperti kue cokelat dan es krim kesukaan mereka tidak masalah, agar jangan berlebihan.  Orang tua yang melarang berlebihan cenderung membuat anak melakukan sebaliknya.

4. Jangan remehkan berat badan Anda sendiri
Anak-anak selalu mendengarkan dan melihat apa yang orang tua mereka lakukan. Jika Anda menginginkan anak sehat dan memiliki berat badan ideal, lakukan juga pada diri Anda.

5. Hindari tujuan penampilan
Tekankan pada anak, menjaga berat badan yang sehat bukan bertujuan menjadi kurus atau lebih cantik. Buatlah mereka mengerti bahwa kesehatan jauh lebih penting daripada penampilan.

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan Keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s