Pekerja Pabrik iPhone Keracunan

Berita adanya pekerja yang keracunan ini ditayangkan oleh stasiun televisi CCTV. Sebelum keracunan terjadi, sebagian pekerja di Wintek sudah pernah demonstrasi terkait buruknya kondisi kerja. Terang saja kasus itu memicu keprihatinan tersendiri mengingat kesehatan pekerja tampak diabaikan. Pihak pabrikan pun berhenti memakai N-hexane dan menghukum beberapa staff yang bertanggungjawab.
Menanggapi kasus ini, pihak Nokia menyatakan sudah memastikan proses produksi ponselnya tak memakai N-hexane. Sedangkan Apple belum berkomentar.
China merupakan pembuat komponen untuk para vendor ponsel Nokia dan Apple,  tidak sebatas itu, banyak vendor teknologi mengandalkan perusahaan China untuk membuat komponen. Namun sepertinya standar keamanan kurang diperhatikan di sebuah pabrik setelah puluhan pekerja perusahaan bernama Wintek dilaporkan keracunan.
Perusahaan Wintek yang berkantor pusat di Taiwan ini membuat berbagai komponen untuk para vendor ponsel seperti Nokia dan Apple. Salah satunya layar sentuh yang dipakai di produk Apple iPhone dan iPod Touch.
Nah, Wintek diberitakan menggunakan bahan kimia beracun bernama N-hexane dalam proses pembersihan layar. N-hexane mungkin adalah pembersih yang baik, namun dapat berbahaya bagi manusia.
Jika dihirup dalam jangka panjang, N-hexane bisa mengganggu sistem saraf, terbukti 49 pekerja Wintek keracunan N-hexane dan dirawat di rumah sakit.

Tinggalkan komentar

Filed under Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s