Rahasia Dibalik Android | Andoid Java Code

Android ponsel terbaru dengan fitur dan teknologi tercanggih yang sedang booming, Indonesia diperkirakan akan kebanjiran Android pada tahun 2010 ini, mungkin Anda bertanya-tanya seberapa hebatkah Android dan apa kelebihannya.  
Kita cari tahu dulu rahasia Android sehingga digandrungi pengguna seluler masa kini. Menurut informasi Android merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang terdiri atas perusahaan Google bersama dengan 33 perusahaan anggota lainnya. Google menjadi anggota yang paling kuat dalam konsorsium tersebut. Lantaran platform ini berlisensi dari Apache 2.0, sistem ini tersedia bebas dan prinsipnya dapat diportir pada perangkat mobile apa saja.
Saat ini, banyak provider yang mempersiapkan “ponsel Google” sendiri. Sistem operasi Android berbasis pada kernel Linux yang menawarkan modul-modul utama seperti Network support, driver audio, keyboard, dan kamera. Sebagai interface antara hardware dan masing-masing aplikasi, digunakan Dalvik Virtual Machine yang prinsipnya berbasis pada Java Runtime Engine (lihat gambar di bawah).
SDK terdiri atas Application Framework, Libraries, Android Runtime, dan sebuah emulator. Source text ditulis dan di-compile dalam bahasa Java. Agar dapat berjalan pada Android, aplikasi tersebut disesuaikan terhadap sistem dengan sebuah Cross-Assembler. Bila mengetahui dasar-dasar pemprograman Java, pe­ngembangan tools untuk Android-Tools akan menjadi lebih mudah. Contoh aplikasi ini dapat dilihat di sebelah kiri.
Pemrograman memang menjadi lebih mudah dengan adanya SDK dan platform, tetapi semuanya harus dilakukan dengan memahami pengetahuan dasarnya. Saat ini, kesulitan membuat program semakin kecil dan komunitas developer semakin besar. Dampaknya, muncul penawaran yang besar dan menyediakan widget yang sesuai bagi pengguna.

 (Sumber : ChipCD)

Tinggalkan komentar

Filed under Gadget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s