Intel Atom Versi Terbaru | Review Netbook MSI U135

Tidak banyak yang berbeda Prosesor Intel Atom ini tetap menjadi pengisi kelas netbook. Intel melakukan beberapa perubahan pada platform yang diberi nama”Pine Trail” dan di klaim akan membuat fisik sebuah netbook semakin tipis dan ringan. Hal ini mungkin terjadi karena northbridge yang berfungsi sebagai controller graphic dan memori ditiadakan dan digabung ke dalam prosesor. Dengan begitu, hanya tersisa southbridge pada main board, yang pada platform ini dinamakan “Tiger Point”.

Hal ini tidak lepas dari teknologi yang telah diadopsi oleh prosesor Intel terbaru pada seri i7 dan i5. Tujuan dari penghilangan northbridge adalah membuat dimensi sebuah main board semakin kecil dan konsumsi daya yang diperlukan semakin berkurang sehingga daya tahan hidup sebuah netbook semakin lama.
 

Sepertinya CHIP merasa beruntung sekali mendapatkan sebuah “enginering sample” dari platform Pine Trail yang telah terpasang dalam sebuah netbook langsiran dari MSI seri U135. Bisa dikatakan bahwa dimensi MSI U135 ini tidak banyak berubah dari netbook-netbook MSI sebelumnya. Dimensi masih seperti dulu dan bobot pun masih tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pada grafik yang akan disajikan CHIP nanti Anda akan diajak untuk melihat perbedaan baik itu dari segi kinerja dengan menggunakan program benchmark Sysmark 2007 dan daya tahan baterai serta performance qualification dengan MobileMark 2007.
CHIP mencoba membandingkan U135 dengan netbook MSI seri U123 yang menggunakan prosesor Intel Atom N280. Untuk daya baterai dan layar, spesifikasi kedua platform ini sama persis, yang membedakan hanya U123 menggunakan platform Intel Atom lama dan U135 menggunakan platform terbaru. Apakah platform Pinetrail terbaru ini menarik? Anda akan temukan jawabannya. Silahkan dibaca !
 
Pada netbook MSI U123 ini terpasang sis­tem operasi Windows XP Home Edition dan pada MSI U135 terpasang Windows 7 Starter Edition yang memang diperuntukkan bagi platform netbook yang tidak terlalu memerlukan berbagai program. Pada tes ini, MSI U135 sepertinya masih tertinggal dengan MSI U123.  Hal ini mungkin disebabkan  pemakaian sistem operasi. Bila Anda balik ke edisi sebelumnya pada artikel “Migrasi ke Windows 7”, Anda akan memahami kenapa MSI U135 masih kalah dibandingkan MSI U123. Namun kekalahan ini bukan tidak ada artinya, dengan menggunakan OS terbaru ini Anda akan mendapatkan berbagai feature menarik yang tidak Anda dapatkan pada Windows XP.

Daya tahan baterai

Sepertinya janji bahwa platform Pine Trail lebih hemat daya belum bisa dipenuhi untuk saat ini. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara MSI U135 dan MSI U123. Pada grafik di atas Anda dapat melihat bahwa perbedaan daya tahan baterai tidak terlalu signifikan, walaupun dengan baterai dengan daya yang sama. Kedua platform ini hanya sebesar enam menit. Namun lain cerita pada hasil performance qualification, hasil yang didapat terlihat bahwa platform lama lebih bertenaga dibandingkan dengan platform Pine Trail. CHIP tidak sempat mencoba pada mode ECO karena keterbatasan waktu. Namun, CHIP sangat optimis pada mode ECO, daya tahan baterai akan lebih lama, tetapi akan mengorbankan kinerja. Hal tersebut tidak akan terlalu mengganggu karena Anda akan menggunakan sebuah netbook hanya untuk menjalankan aplikasi menengah ke bawah yang tidak menuntut kinerja tinggi. (source : Chip.co.id)

Tinggalkan komentar

Filed under Gadget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s