Gempa Goyang Taiwan | Berita Gempa Terbaru

Masih hangat terdengar gempa yang menggoyang negara Chili dengan kekuatan dahsyat 8,8 skala richter, kini kabar terbaru Taiwan digoyang gempa.
Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter yang mengguncang selatan Taiwan, Kamis (4/3), menyebabkan kerusakan dan mengganggu komunikasi. Kantor berita lokal melaporkan beberapa orang terluka.

Gempa ini berpusat di Kaohsiung pada kedalaman 3,1 mil (lima kilometer). Kaohsiung adalah kita berjarak sekitar 249 mil (400 kilometer) selatan ibukota Taipei. Tidak ada peringatan tsunami dikeluarkan.

Kuo Kai-wen, direktur Pusat Biro Pusat Cuaca Seismologi mengatakan, gempa Taiwan secara geologis tidak berkaitan dengan gempa bumi yang melanda Cile akhir pekan lalu, yang menewaskan lebih dari 800 orang.

Di daerah selatan Taiwan tepatnya di kota Tainan, terjadi kebakaran sebuah pabrik tekstil tak lama setelah gempa terjadi. Asap tebal mengepul. Setidaknya satu kereta di selatan Taiwan bergeser dan nyaris lepas dari rel, dan pelayanan dihentikan di seluruh wilayah. Layanan kereta bawah tanah di kota Kaohsiung juga terganggu.

Listrik padam juga terjadi di Taipei dan setidaknya satu wilayah di selatan. Layanan telepon di beberapa bagian di Taiwan juga terganggu. Bangunan bergoyang di ibukota ketika gempa melanda.

Episentrum gempa berada di dekat kota Jiashian, di daerah yang juga dilanda topan dahsyat Agustus lalu. Seorang pejabat daerah Kaohsiung mengatakan beberapa rumah di kota runtuh akibat gempa.

Wartawan setempat melaporkan gedung dan jalur kereta bawah tanah di Taipei sempat mengalami guncangan. Sementara juru bicara Departemen Dalam Negeri Taiwan di Cina mengatakan siap memberikan bantuan. “Cina dan Taiwan sudah seperti saudara. Jika Taiwan membutuhkan bantuan kami akan menyediakan apapun yang dibutuhkan untuk meringankan beban akibat gempa,” kata dia.
Gempa 7,6 skala Richter juga pernah menguncang Taiwan pada 1999. Saat itu korban mencapai 2.300 orang. Pada 2006 gempa 6,7 skala Richter kembali menguncang. Gempa itu merusak miliaran jaringan telpon dan internet di kawasan Asia Pasifik.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s