Registrasi Online SNMPTN | Bank Mandiri Registarsi Online

Calon mahasiswa semakin dimanjakan saja dengan kehadiran pendaftaran online, kini mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN), kini tak perlu repot-repot mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran ke counter panitia lokal di kampus yang dituju. Dengan sistem yang dikembangkan Bank Mandiri, para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bisa melakukan registrasi secara online hingga mendapatkan nomor tes SNMPTN yang diselenggarakan di kota masing-masing.

“Sebelumnya, pendaftaran SNMPTN manual, sekarang dilakukan dengan electronic channel Bank Mandiri melalui internet banking, sms banking, ATM dan cabang Bank Mandiri terdekat,” kata Senior Vice President Corporate Banking I Group Jiantok Hardjiman di Makassar, Minggu (14/2).

Dengan penyerahan formulir secara online, sama sekali tidak ada antrian saat membeli formulis SNMPTN. Pada SNMPTN 2008 dan 2009, pendaftaran telah dilaksanakan dengan metode pembelian melalui e-channel Bank Mandiri. Tetapi peserta hanya mendapatkan resi pembayaran yang diperoleh calon mahasiswa dan kemudian ditukarkan formulir pendaftaran di gerai panitia lokai di kampus anggota SNMPTN.

Ia menyatakan, pembelian formullir SNMPTN melalui e-channel Bank Mandiri bisa dilakukan di seluruh Indonesia tanpa batas waktu, 24 jam dan 7 hari seminggu. Setelah menyetorkan uang pendaftaran, peserta SNMPTN akan mendapatkan PIN.

Kemudian dengan PIN tersebut, calon mahasiswa dapat mengakses ke internet system SNMPTN untuk keperluan registrasi secara online formulir elektronik dimana saja. Mereka bisa mendaftar ke  57 PTN diantaranya UI, ITB, IPB, ITS, UGM, Unpad dan Undip.

“Sekarang, mereka tidak perlu ke kampus yang mereka tuju, tapi bisa langsung dilakukan secara online web based dengan PIN itu,” katanya.

Calon mahasiswa bisa melakukan input data, apakah dia memilih IPA, IPS, atau IPC. Diisi data yang lengkap kemudian akan diberi nomor tesnya. “Jadi, mereka baru ke kampusnya kalau sudah benar-benar diterima,” jelasnya.

Pendaftaran melalui e-channel Bank Mandiri ini akan dibuka  2 Mei hingga pertengahan Juni 2010. Mandiri memprediksikan sekitar 500 ribu calon mahasiswa akan mendaftar melalui sistem online ini.

Dengan sistem ini, Mandiri telah mempersiapkan server yang handal sehingga bisa menampung seluruh perserta yang mendaftar. “Kami siapkan sistem ini untuk satu juta calon mahasiswa,” jelasnya.

Untuk memuluskan program ini, Bank Mandiri bersama panitia lokal SNMPTN telah melakukan sosialisasi ke sekitar 26 ribu SMA di seluruh Indonesia. (source : MI)

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s