Bakteri Usus Penyebab Obesitas

Obesitas-Menjadi orang gemuk atau obesitas tidaklah diharapkan oleh kebanyakan orang, karena  kegemukan biasanya mengakibatkan berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes, bahkan darah tinggi.dan dari penampilan pun kebanyakan orang gemuk tidak percaya diri terhadap penampilannya.

Untuk itu kita perlu tahu apa penyebab kegemukan, dan menurut penelitian ternyata bakteri usus dapat menyebabkan obesitas dan sindrom metabolik. Demikian sebuah studi baru yang meneliti tikus menunjukkan hal tersebut.

Peneliti Andrew Gewirtz dari asosiasi profesor patologi dan laboratorium kedokteran di Emory University School of Medicine, Atalanta, Amerika Serikat mengatakan, epidemi obesitas di negara maju didorong gaya hidup makanan berkalori tinggi. Namun, studi mencatat, konsumsi kalori berlebihan tidak cuma akibat dari tidak disiplin makan.

” Tetapi berhubungan dengan bakteri usus yang berkontribusi terhadap perubahan dalam nafsu makan dan metabolisme,” ujar Gewirts seperti dikutip Healthday baru-baru ini. Dia dan timnya menemukan peningkatan nafsu makan dan resistensi insulin dapat ditransfer dari satu tikus ke tikus lain melalui bakteri usus.

“Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa bakteri dapat mempengaruhi seberapa baik energi yang diserap makanan. Tetapi kini, temuan menunjukkan, bakteri usus benar-benar dapat mempengaruhi nafsu makan,” Gewirtz menjelaskan.

Artinya, ada kemungkinan untuk “mewarisi” sindrom metabolik melalui lingkungan, bukan genetik. Bisa jadi, bakteri yang menambah nafsu makan berperan untuk menciptakan anak-anak kegemukan. Sebuah gen yang disebut receptor 5 (TLR5) memainkan peran penting dalam mengontrol bakteri usus. Gewirtz dan timnya berencana untuk menyelidiki variasi TLR5 pada manusia dan bagaimana bakteri dalam TLR5 berpengaruh pada nafsu makan dan metabolisme tikus.

Tinggalkan komentar

Filed under Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s