Cara Cerdas Mengelola Keuangan | Tips Jadi Orang Kaya

Ada beberapa hal yang harus dikelola dalam mengatur keuangan. Utang bukan tidak boleh, melainkan harus disesuaikan dengan penghasilan. Kurangi utang konsumtif dan utang nonproduktif. Batas maksimal cicilan utang tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan utama.
Penyedia piutang selalu cuek dengan kemampuan kita membayar. Jika kita tak mampu membayar cicilan, barang atau agunan akan disita. Memanfaatkan jasa kartu kredit dengan cicilan minimal pun riskan. Pasalnya, jika dihitung dengan bunga, cicilan 2-3 tahun sami mawon membayar dua kali lipat harga sesungguhnya.
Berikutnya, kita harus menghitung nilai kekayaan bersih, yakni nilai aset dikurangi utang harus positif. Demikian pula dengan alur kas, penghasilan dikurangi pengeluaran harus positif. “Percuma kita punya mobil mewah tapi sebenarnya nilai kekayaan minus,” tutur Aidil.
Dana darurat juga penting, agar kita bersiaga jika sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan. Bagi yang belum memiliki tanggungan, setidaknya harus menyediakan dana cadangan sebesar tiga kali gaji. Sedangkan bagi yang sudah punya tanggungan sebanyak dua orang dan lebih, masing-masing minimal enam bulan gaji dan satu tahun gaji. Dana darurat penting agar selama belum mendapatkan penghasilan yang baru, kita bisa bertahan hidup.
Sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya punya asuransi. Misalnya, asuransi kesehatan, biaya berobat sangat mahal dan bisa menghabiskan seluruh penghasilan serta tabungan. Namun, jika ikut asuransi, kita lebih nyaman.
Terakhir adalah investasi. Setiap bulan kita harus menyisihkan uang untuk investasi dari kelebihan penghasilan, yang dapat dipisahkan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Bagaimana jika penghasilan cuma untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Nah, kita harus punya penghasilan tambahan, antara lain memanfaatkan hobi. Bagi yang punya hobi menulis, bisa membuat buku, atau yang punya hobi fotografi, bisa nyambi jadi fotografer.
Kita bisa mulai menyediakan dana investasi sebesar Rp 100-200 ribu per bulan. Investasi paling mudah dan aman adalah membeli logam mulia karena harganya setiap tahun naik. Namun juga harus cermat, seperti dengan memperhitungkan kemampuan dan risiko.
Langkah-langkah di atas kudu terus dievaluasi. Selain itu, perlu menetapkan tujuan keuangan serta membuat rencana aksi, penerapan, dan evaluasi. Gaji kecil bukanlah kendala, melainkan diperlukan motivasi yang kuat, waktu perencanaan yang akurat, dan pencatatan keuangan yang rapi.

Mereka yang Perlu Perencanaan Keuangan

  1. Keuangannya bermasalah
  2. Orang yang tak punya tujuan keuangan
  3. Keuangan sehat, tapi tak terorganisasi
  4. Bila lebih besar pasak daripada tiang
  5. Bila investasinya tak memuaskan
  6. Jika tak punya dana pendidikan anak dan dana pensiun
  7. Mereka yang bermasalah dengan pajak
Jadilah Pekerja Cerdas
Apakah kantor Anda memberi enam setengah pekan cuti tiap tahun? Sayangnya tidak. Di Australia, misalnya, mengapa puluhan ribu karyawan tetap memberikan hampir 266 jam waktu kerja ekstra tiap tahun? Jawabannya tak mudah.
Sebuah studi Australia at Work, yang dilansir Januari lalu, menjajaki 8.000 karyawan selama lima tahun. Mereka menemukan bahwa krisis finansial global cuma mengurangi sedikit waktu kerja. Warga Australia masih berkutat selama 44,4 jam kerja sepekan, nyaris sama dalam dua tahun terakhir, meski pada 2008 berembus krisis keuangan global.
Angka itu lebih tinggi ketimbang di Inggris dan Amerika Serikat. Seorang insinyur elektronik bernama Prakesh, misalnya, bekerja minimum 10 jam per hari selama sepekan. “Saya khawatir, jika saya tak cukup menunjukkan loyalitas kepada perusahaan, saya bakal yang pertama diputuskan untuk dikeluarkan,” ujar Prakesh.
Lalu kita perlu berkaca pada diri sendiri. Sudah efektif dan efisienkah dalam bekerja? Apakah hasilnya sebanding? Seorang manajer yang cerdas juga tak mudah menghadapi waktu agar menjadi efektif. Seorang pemimpin tim kerja di sebuah perusahaan di Sydney mengatakan, “Jika seseorang berada di kantor pada pukul 8 pagi hingga 8 malam, saya tak langsung berasumsi dia seorang bintang. Saya malah bertanya, ‘Mengapa mereka tak bisa efisien atau mengorganisasi kerja sebagaimana yang lain, bisa bekerja dengan baik dalam jam kerja normal?'” Berikut ini adalah tip menjadi karyawan atau staf cerdas ala konsultan Kath Lockett.
  1. Dahulukan pekerjaan yang penting. Gunakan jam kerja pertama di kantor pada tugas-tugas utama hari itu.
  2. Atur pekerjaan dari rumah buat proyek yang butuh diselesaikan tanpa interupsi.
  3. Lakukan pekerjaan saat waktu masih dini. Bahkan ibarat burung belum bangun.
  4. Catat waktu tugas dengan akurat, pegang teguh seperti Anda hendak bertemu dengan klien.
  5. Jangan ragu bilang “tidak” jika diminta melakukan pekerjaan tak masuk akal.
  6. Delegasikanlah. Pulang tepat waktu sesuai dengan jam kerja dan matikan ponselmu. Mungkin terasa menakutkan awalnya. Tapi seiring dengan tugas yang tuntas, yang lain bakal menghargai.

2 Komentar

Filed under Tips Triks

2 responses to “Cara Cerdas Mengelola Keuangan | Tips Jadi Orang Kaya

  1. Kita jga hrus berusaha agar bisa menjadi orang yang sukses…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s