99,9% Google Inc Tak Betah Lagi di China | Google cn Rest in Peace

99,9% Google Inc. tak betah lagi di China-Cina merupakan pengguna internet terbesar di dunia menurut data estimasi eMarketer Inc di New York. China memiliki 840 juta pengguna Internet, atau 61 % dari jumlah penduduk pada tahun 2013, sedang menurut data pemerintah China , Negara ini memiliki 384 juta pengguna internet pada akhir tahun lalu, sungguh merupakan pangsa pasar yang besar tetapi mengapa Google Inc. ingin menutup kantornya di China.

Memang Google Inc telah menyusun rencana rinci untuk menutup search engine mereka di China dan “99,9 %” yakin akan melakukan penutupan, seperti yang dilaporkan oleh Financial Times hari ini, berdasarkan pernyataan dari seseorang yang tidak mau dipublikasikan namanya.

Perusahaan mungkin membuat keputusan segera, sementara itu akan membutuhkan waktu untuk melakukan penutupan dan memastikan karyawan tidak menderita akibat pembalasan dari pihak berwenang, tulis surat kabar tersebut, mengutip ucapan seseorang yang paham dengan pemikiran Google.

Marsha Wang, seorang jurubicara Google di Beijing, yang mengatakan dia tidak mau berkomentar terkait masalah ini ketika dihubungi via telepon. Google mengatakannya pada 12 Januari bahwa penutupan ini akan menghentikan hasil penyaringan di China setelah adanya infiltrasi terhadap teknologi Google dan account e-mail aktivis hak asasi manusia China.

Cina kemarin menyatakan bahwa rencana Google untuk menentang aturan sensor pemerintah sebagai tindakan yang tidak ramah dan tidak bertanggungjawab. “Headline-nya adalah investor akan datang ke China, bukan investor menarik diri dari China,” kata Duncan Clark, ketua penasihat bisnis perusahaan BDA China Ltd yang berbasis di Beijing.

“Cina ingin menjadi tempat utama bagi penelitian dan pengembangan. Mereka ingin memiliki perusahaan teknologi di sini tapi mereka tidak ingin keterlibatan muatan yang bisa mengancam pemerintah. Tetapi kita tidak dapat memisahkan keduanya,” katanya.

Google mungkin harus menarik diri dari pembicaraan dengan pihak berwenang China yang tertunda, demikian pernyataan resmi pada Januari. Menarik diri dari pasar Internet terbesar dunia akan menyedot pendapatan Google, yang pertumbuhan penjualannya melambat selama resesi AS, sebesar US$600 juta, menurut perkiraan JPMorgan Chase & Co.

China adalah “pasar yang tidak ada satu perusahaan pun yang dapat mengabaikannya, termasuk Google,” kata JP Gan, managing director Qiming Venture Partner yang berbasis di Shanghai. “Anda harus bermain dengan peraturan setempat jika Anda ingin beroperasi di sini. “

Penyelesaian sengketa dengan Google bertumpu pada perusahaan, bukan pemerintah, kata Li Yizhong, Menteri Industri dan Teknologi Informasi, pada 12 Maret. “Jika satu perusahaan melanggar hukum China, tidak ramah dan tidak bertanggung jawab, itu adalah hal yang tidak diinginkan dan berarti perusahaan tidak patut terhadap status kelas dunia.”

Pembicaraan dengan pemerintah China dapat memberikan hasil segera, kata Chief Executive Officer Google Eric Schmidt pada 10 Maret. Sistem Google menjadi target dari serangat “sangat canggih ” yang bertujuan untuk memperoleh informasi, serta data pribadi milik aktivis hak manusia yang menggunakan layanan e-mail Gmail, demikian p[ernyataan Google pada Januari.

Setidaknya 20 perusahaan internasional dalam bidang teknologi, keuangan dan bahan kimia ditargetkan dalam penyerangan itu, kata Google. Symantec Corp dan McAfee Inc, dua produsen keamanan perangkat lunak terbesar dunia, mengatakan bulan ini mereka bekerja sama dengan pemerintah AS untuk melakukan penyelidikan terhadap serangan cyber tersebut.

Bagaimana langkah selanjutnya yang dilakukan Google Inc. apa benar-benar menutup Google cn. yang tentu saja akan mengobarkan keuntungan yang begitu besar dari pengguna internet China, kita tunggu kelanjutannya.

1 Komentar

Filed under Hari Ini

One response to “99,9% Google Inc Tak Betah Lagi di China | Google cn Rest in Peace

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s