Liga Champhion : Barcelona Menang Telak Atas VfB Stuttgart

Barcelona- Tampil di Stadion Nou Camp, Kamis (18/3/2010) dinihari WIB, Barcelona tampil sempurna kala menghantam VfB Stuttgart 4-0 pada leg kedua perdelapan final Liga Champions. Laga ini juga ditandai dengan cemerlangnya penampilan Lionel Messi. 
Messi menjadi bintang dengan catatan dua gol plus mengarsiteki satu gol yang dihasilkan Pedro Rodriguez. Kecepatan pemain asal Argentina ini juga berkali-kali membuat pertahanan Stuttgart kerepotan. Selain dua gol yang dicetak Messi dan satu dari Pedro, satu gol lainnya datang dari Bojan Krkic. Dengan kemenangan ini, Barca pun berhak melangkah ke babak perempatfinal Liga Champions.

Los Cules
lolos dengan agregat 5-1–sebelumnya di leg perdana, kedua tim bermain imbang 1-1.

Jalannya Pertandingan

Barcelona memulai pertandingan dengan tempo cepat. Sembilan menit sejak kick-off, Lionel Messi langsung memiliki kans emas untuk mencetak gol. Dari sisi kanan, ia melepaskan sebuah tendangan melengkung, namun bola masih bisa dihalau Jens Lehmann dan meninggalkan lapangan.

Di babak pertama, puluhan ribu suporter Barca di Stadion Nou Camp, bersorak ketika aksi solo-run Messi berakhir dengan bersarangnya bola di jala Stuttgart. Usai menggiring bola dari sisi kanan, pemain asal Argentina ini melepaskan sebuah tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Meski dihadang oleh empat pemain Stuttgart, tembakan Messi tak terhalau. Bola menghujam pojok kiri bawah gawang Lehmann dan skor pun berubah menjadi 1-0. 

Messi kembali andil dalam gol kedua Barca di menit 22. Umpannya ke sisi kiri disambut oleh Yaya Toure. Nama terakhir pun mengirimkan operan ke arah gawang, di mana Pedro berlari menyongsong. Lewat satu sontekan, Pedro membuat Lehmann memungut bola dari gawangnya lagi.

Unggul 2-0 Barca terus melancarkan tekanan ke pertahanan Stuttgart. Pada menit 28 Toure kembali menghadirkan ancaman. Tusukannya diakhiri dengan sebuah operan kepada Henry yang berada di dekat gawang. Sial bagi Henry, ia tak bisa menjangkau bola operan Toure.

Serangan gencar Barca belarnjut di babak kedua. Messi masih menjadi momok, operannya kepada Toure pada menit 56 berakhir dengan sebuah sepakan kaki kiri. Hasilnya? Tidak ada gol, tendangan Toure melebar di samping gawang.

Barca mencetak gol ketiga mereka pada menit 60 lewat sebuah kerja sama yang apik. Umpan Pedro dari sisi kanan diterima oleh Dani Alves yang berada di luar kotak penalti. Alves lalu memberikan operan dengan tumitnya kepada Messi, yang langsung melepaskan sebuah sepakan kaki kiri.

Lehmann terpedaya lagi. Bola hasil sepakan Messi menghujam pojok kiri bawah gawangnya.

Di menit 76, Henry nyaris mencetak gol keempat Barca, andai saja bisa menyambut bola hasil sundulan Alves. Penyerang asal Prancis itu hanya berjarak seinci dari bola kala posisinya tengah berada di depan gawang Stuttgart.

Beberapa menit kemudian, Zlatan Ibrahimovic, yang baru masuk di pertengahan babak kedua untuk menggantikan Sergi Busquets, melepaskan sebuah sepakan dari dalam kotak penalti. Sial bagi Ibra, Lehmann masih bisa menghalau sepakannya.

Empat menit menjelang bubaran, Messi kembali menunjukkan tajinya. Ia menggiring bola sendirian dari sisi kanan hingga menerobos kotak penalti Stuttgart. Tetapi aksi ini tak berakhir mulus setelah bola sepakannya melebar.

Gol keempat Barca akhirnya lahir pada menit 89 lewat kaki Bojan Krkic. Gol penyerang berusia 19 tahun itu diawali umpan terobosan Ibra ke celah kosong di sisi kanan pertahanan Stuttgart. Bojan yang berada di sana menyambutnya dan langsung menyontek bola melewati Lehmann yang maju menghadang.

Tinggalkan komentar

Filed under Olah Raga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s