Opera Bikin Untung Operatos 10,9 Trilliun Per-Tahun

Opera Bikin Untung Operatos 10,9 Trilliun Per-Tahun-Menurut laporan State of the Mobile Web Report, operator seluler di seluruh dunia meraih keuntungan lebih dari 1,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 10,9 triliun per tahun. Keuntungan diraih akibat penggunaan Opera Mini.

Di Amerika Serikat sendiri, browser mobile tersebut mencetak laba lebih dari 146 dolar AS per pengguna per tahun untuk operator.

“Kami menyebut Opera Mini sebagai solusi yang saling menguntungkan,” kata Jon von Tetzchner, pendiri Opera Software, pada keterangannya, 30 Maret 2010. “Konsumen yang menggunakan mobile web bisa menikmati layanan tersebut tanpa khawatir terkejut dengan tagihannya,” ucapnya.

Tetzchner menyebutkan, pengguna yang membayar layanan data flat rate juga bisa menikmati penjelajahan yang cepat dan mudah lewat koneksi EDGE atau 3G. “Operator bisa menarik pengguna dengan paket layanan data mereka, di saat yang sama jaringan mereka tak akan terlalu terbebani karena server kami yang bekerja keras,” ucapnya.

Pada Februari 2010, Opera Mini memiliki lebih dari 50,5 juta pengguna. Naik 1,7 persen dibanding Januari 2010 dan lebih dari 145 persen dibanding Februari tahun lalu.

Sebanyak 50,5 juta pengguna tersebut membuka lebih dari 22 miliar halaman web sepanjang Februari 2010. Dibanding Januari, page view memang turun 5,6 persen. Akan tetapi salah satu alasannya adalah karena Februari hanya terdiri dari 28 hari. Akan tetapi, dibandingkan dengan Februari 2009, page view meningkat 200 persen.

Di Februari 2010, pengguna Opera Mini telah mengonsumsi data sebanyak 330 juta MB dari seluruh operator di dunia. Padahal, data tersebut sudah dikompresi oleh server Opera hingga 90 persen. Jika data tidak dikompresi, operator akan terbebani trafik data sebanyak 3 petabyte di bulan tersebut. Adapun jika dibandingkan Februari 2009, trafik data juga naik 164 persen.

Dari sisi pengguna, 10 negara yang paling banyak memakai Opera Mini adalah Rusia, Indonesia, India, China, Ukraina, Afrika Selatan, Nigeria, Amerika Serikat, Vietnam, dan Inggris. Pada Februari tersebut, Nigeria naik satu peringkat ke atas Amerika Serikat dan China juga melampaui Ukraina.

Tinggalkan komentar

Filed under Gadget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s