Bencana Membawa Berkah : Wisata Lumpur Lapindo Alteranatif Wisata Alam

Bencana Membawa Berkah : Wisata Lumpur Lapindo Alteranatif Wisata Alam-Siapa pun mungkin tahu bahwa lumpur panas di kawasan eksplorasi PT Lapindo Brantas di Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, adalah penderitaan panjang bagi warga sekitar sejak 29 Mei 2006.

Hingga kini, perusahaan milik keluarga Bakrie itu juga belum membayar seluruh ganti rugi terhadap 12 ribu lebih korban lumpur panas yang dikenal sebagai lumpur Lapindo. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah berkali-kali meminta masalah ganti rugi ini diselesaikan secepatnya.

Di tengah kontroversi tanpa ujung pangkal itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Suwanto justru mempersilahkan ratusan peserta orientasi kelembagaan dan penyelenggaraan program PNFI dari seluruh Indonesia untuk “wisata” ke “kuala” lumpur itu.

“Panitia tidak salah menetapkan lokasi orientasi di Surabaya, karena dalam jarak 25 kilometer dari sini ada lokasi wisata yang tidak ada duanya di Indonesia,” ucapnya, Rabu (31/3).

Ungkapan itu dilanjutkan dengan lokasi yang dimaksud adalah “kuala” lumpur atau lumpur Lapindo yang setiap hari mengeluarkan lumpur panas 100.000 meter kubik lebih.

“Saking banyaknya lumpur yang disemburkan, maka lumpur itu sekarang dialirkan ke laut lewat Kali Porong,” tutur mantan Kepala Dinas Infokom Jatim itu.

Dengan gaya promosi, Suwanto mempersilakan peserta untuk melihat dari dekat. “Mumpung di sini, Anda dapat melihat sendiri dari dekat, bukan dari orang lain,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pejabat yang mengawali karier di Unit Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan itu juga menambahkan lokasi lain yang tak kalah menariknya yakni Jembatan Suramadu.

“Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura itu panjangnya 5,2 kilometer. Kalau terasa lapar setelah jalan-jalan bisa mampir untuk menikmati Rawon Setan di Kota Pahlawan,” katanya, tersenyum.

Tinggalkan komentar

Filed under Wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s