Sajian Belalang Jadi Menu Andalan Warga Victoria

Sajian Belalang Jadi Menu Andalan Warga Victoria – Pemerintah Victoria, Australia, kewalahan menghadapi jutaaan belalang yang menyerbu lahan pertanian warga. Seiring kampanye anti pestisida, penyemprotan obat-obatan kimia bukan solusi. Untunglah, mereka memiliki walikota yang cerdas dan keluarlah ide: diversifikasi pangan dengan mengolah belalang.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB laporan bahwa belalang kering mengandung sekitar 62 persen protein. Belalang juga cocok untuk ditumis, dipanggang atau direbus. Maka Glen Milne, pak walikota yang cerdas itu, mengajak warganya berkreasi membuat makanan dari belalang. Kantornya bahkan menyebar leaflet berisi beberapa resep masakan belalang.

Ide Milne mengilhami banyak orang untuk membuka bisnis resto dengan menu utama belalang. Salah satu kafe di Mildura, utara negara bagian Victoria, menawarkan belalang sebagai topping untuk pizza renyah mereka. Menu belalang pun kini makin populer.

Bahkan, di situs pariwisata kota ini, menu belalang menjadi daya tarik lain. Dalam banner iklan di situs resmi pemerintah bahkan tertulis kalimat, “Victoria, surga makanan” dengan sajian menu-menu belalang.

“Sebagian besar buah Australia; anggur, jeruk, almond, pistachio, zaitun, wortel, dan asparagus tumbuh di daerah Mildura,” kata situs Web. “Dan sekarang, belalang.” Slurp!

1 Komentar

Filed under Aneh

One response to “Sajian Belalang Jadi Menu Andalan Warga Victoria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s