Wu Yulu, Petani Cina Mahir Bikin Robot

Wu Yulu, Petani Cina Mahir Bikin Robot-Wu Yulu, petani berusia 49 tahun dari pinggiran Beijing, menjadi terkenal karena membuat robot produksi rumahan. Robot buatannya sendiri kini sudah mendapat pengakuan internasional.

Wu membuat robot dari perabotan dan barang bekas yang ada di rumah seperti termasuk kawat dan sekrup. Ia kini telah menciptakan lebih dari 47 robot yang dapat menuang teh, menggambar, dan menyalakan pemantik api.

Pria yang hanya mengenyam pendidikan sekolah dasar ini kini menjadi buah bibir di media Cina karena penemuannya serta keahliannya yang didapat secara otodidak. Kini media asing pun mulai memburunya setelah ia diputuskan akan berpartisipasi dalam ajang World Expo Shanghai yang berlangsung pada Mei hingga Oktober 2010.

“Saya sedikit terkenal sekarang,” ujar Wu malu-malu. Ia telah melakukan pekerjaan membuat robot sejak dua puluh tahun lalu. Kini ia merasa perhatian yang diberikan padanya serta hasil ciptaannya semakin meningkat.

Sejak ia mulai merakit robot pada 1986, Wu sempat hampir membakar rumahnya dan sempat diancam cerai oleh istrinya. Robot pun membuat keuangan keluarganya kembang kempis, namun ia tetap bersemangat.

Besar di lingkungan pertanian ia pun kemudian mengubah sepedanya menjadi mesin pembenihan. Proyek terbarunya adalah sebuah robot yang dapat memberikan pijatan

3 Komentar

Filed under Aneh

3 responses to “Wu Yulu, Petani Cina Mahir Bikin Robot

  1. hmmmm. sebuah cerminan pribadi yg gemar beLajar.

  2. wah,, hebat bener nih petani.. ini bukan petani biasa nih.. wonder petani..hehehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s