Pengumuman Hasil Kelulusan SD DKI Jakarta

Pengumuman Hasil Kelulusan SD DKI Jakarta – Hasil kelulusan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat Sekolah Dasar (SD)  telah di umumkan, hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas enam SD/MI di DKI Jakarta tahun ini sangat memuaskan. Dari 141.043 peserta yang mengikuti ujian, siswa yang lulus ujian mencapai 141.011 atau sebesar 99,98 persen. Artinya siswa yang tidak lulus hanya berjumlah 32 atau 0,02 persen.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan angka kelulusan tahun 2009 yang hanya mencapai 99,60 persen. Selain mengalami peningkatan jumlah siswa yang lulus dalam UASBN tahun ini, juga terjadi peningkatan rata-rata nilai mata pelajaran yang diujikan. Yaitu mata pelajaran bahasa Indonesia mencapai 7,40 atau mengalami kenaikan 0,10 dari tahun lalu, mata pelajaran Matematika naik 0,59 menjadi 6,89, dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) naik 0,40 menjadi 7,00.

Hasil memuaskan itu tentu saja disambut baik oleh Dinas Pendidikan (Didik) DKI Jakarta. Karena dengan begitu, Disdik DKI Jakarta berarti telah berhasil melakukan peningkatan kualitas pendidikan. “Saya gembira melihat hasil ini. Mudah-mudahan prestasi ini bisa semakin ditingkatkan lagi di tahun depan. Agar dunia pendidikan di Jakarta tetap menjadi barometer pendidikan di Indonesia,” ujar Taufik Yudi Mulyanto, Minggu (13/6).

Menurutnya, penentuan kelulusan untuk SD/MI merupakan wewenang mutlak dari sekolah dengan mengacu standar minimal kelulusan yang ditetapkan sekolah masing-masing.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, hasil UN SMP Tahun 2010 yang merupakan hasil UN Utama dengan UN Ulangan mencapai 99,79 persen atau sebanyak 134.971 siswa yang lulus dari total peserta ujian sebanyak 135.252. Sedangkan yang tidak lulus sebanyak 0,21 persen atau 281 siswa. Sementara hasil UN tingkat SMA di tahun ini mencapai 98,65 persen dan yang tidak lulus hanya 1,35 persen. Tingkat kelulusan SMK mencapai 99,77 persen dan yang tidak lulus hanya 0,23 persen.

Tingginya kelulusan UN SMP/MTs dan SMA/MA serta UASBN SD/MI di tahun ini, rupanya mendapat apresiasi tinggi dari Gubenur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Menurutnya, sistem penilaian UN yang baru diberlakukan, kurang tersosialisasikan kepada para peserta UN. Pasalnya, sistem penilaian UN tahun ini, jika ada satu mata pelajaran dibawah nilai 5,5, kendati mata pelajaran lainnya mendapatkan nilai sangat baik, maka siswa dinyatakan tidak lulus. Sedangkan penilaian tahun lalu, seluruh nilai mata pelajaran dirata-ratakan, sehingga mata pelajaran yang mendapat nilai sangat bagus dapat meningkatkan rata-rata nilai UN.

Tinggalkan komentar

Filed under Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s