Ingin Sehat & Langsing? Tiru Cara Makan Orang Jepang

Ingin Sehat & Langsing? Tiru Cara Makan Orang Jepang – Hidup sehat dan mempunyai tubuh yang langsing mungkin keinginan banyak orang terutama perempuan, kira-kira bagaimana ingin tips untuk itu. Ini adalah pengalaman Yuliana Tan dan Sri Primadika sebagai pemenang Soyjoy Healthylicious yang telah berlibur ke Jepang sebagai hadiah utama kompetisi gaya hidup sehat tersebut.  Mereka berbagi pengalaman tentang mengapa orang jepang terlihat langsing dan sehat? tiru cara makan orang Jepang, berikut ceritanya.

Tubuh langsing yang dimiliki perempuan atau lelaki Jepang, menurut pengamatan Yuliana, ternyata bukan hanya didapatkan dari kebiasaan berjalan kaki. Bagaimana pola makan mereka setiap harinya, ditambah lagi karakter makanan Jepang yang dikenal sarat kesegaran dan cenderung mentah, seperti sushi,  juga sangat menentukan. Tentu saja pola hidup sehat ini tetap diimbangi dengan olahraga.

“Selama lima hari di Jepang, kami jarang makan makanan cepat saji. Setiap jam makan datang, porsi dan menunya lengkap, mulai makanan pembuka, makanan utama, dan penutup. Karbohidrat bahkan disajikan menjelang makanan penutup, saat perut sudah mulai kenyang. Tak seperti kebiasaan makan di Indonesia, di mana nasi disajikan sejak awal makan,” papar Yuliana, menceritakan pengalamannya selama berkunjung ke Jepang pada 29 Juni – 4 Juli 2010 lalu.

Setiap sajian, porsinya sedikit dan habis dalam satu kali lahap saja, kata Yuli. Misalnya, makanan pembukanya berupa beberapa potong ikan matang dengan sayuran. Lalu makanan utamanya seperti steak atau pilihan nasi dan mi, dan penutup berupa buah atau es krim. Pola dan porsi menu ini baik untuk tubuh, karena saat lapar perut tidak langsung dipenuhi makanan berat. Usus dibiarkan mencerna perlahan makanan dalam porsi kecil, bertahap hingga agak berat.

“Dari cara ini kami belajar makan pelan-pelan, dan gula darah pun naik perlahan tidak langsung berubah drastis. Karbohidrat pun disajikan saat perut sudah mulai kenyang sehingga konsumsinya tidak terlalu banyak,” jelas perempuan yang mengaku bermasalah dengan berat badan ini.

Sebelum mengikuti kompetisi yang ingin memberikan inspirasi hidup sehat ini, Yuli sudah mengatur pola makan agar bisa menurunkan beratnya. Maklum saat itu, sales manager salah satu stasiun televisi swasta ini tengah mempersiapkan pernikahan. Namun cara yang dicarinya sendiri tak mampu memberikan solusi. Sampai akhirnya Yuli mendapatkan pencerahan dari rangkaian kegiatan kompetisi Soyjoy selama tiga bulan lamanya.

Dari pengalamannya selama di Jepang, Yuli mengaku, makanan segar menjadi faktor lain yang mempengaruhi perubahan dalam dirinya. Ikan yang segar dan hanya dimasak saat akan dimakan, ataupun makanan mentah yang ternyata tak seperti dibayangkan sebelumnya, membuat selera makan Yuli berubah.

“Tadinya saya tidak suka makanan mentah, karena mengira baunya amis, namun cara memasak di Jepang membuat makanan mentah yang segar namun tetap enak dimakan. Dari 10 makanan segar (mentah) hanya tiga yang tak bisa saya makan,” jelas Yuli.

Meski mendapatkan pengalaman dan gaya hidup berbeda di Jepang (khususnya soal pola makan), Yuli mengaku sulit menerapkannya di Jakarta. Cara memasak dan akses untuk mendapatkan makanan segar di Jakarta agak sulit. Di Jepang, kata Yuli, dalam jajanan yang harganya lebih murah, pola makannya sama. Makanan selalu dimulai dari porsi kecil dan bertahap, sehingga aman untuk gula darah dan pencernaan.

Cara makan sehat ala Jepang ini dirasa Yuli sesuai kelas nutrisi yang diperoleh dalam kompetisi Soyjoy. Selama dua jam, saat masih menjalankan kompetisi, para finalis mendapatkan pengetahuan seputar nutrisi yang biasanya diberikan dalam satu semester. Pesan penting yang direkam Yuli adalah memilih dan memilah jenis makanan dengan prioritas mengandung banyak serat, mengatur variasi makanan dan pola makan, serta hanya mengonsumsi makanan segar yang tidak diproses dalam waktu lama.

“Makanan yang menjalani proses pembuatan lama mengurangi kandungan gizi dan hanya akan menimbun lemak jika digoreng dalam waktu lama,” kata Yuli, yang mengaku berat badannya mulai turun dari 68 kilogram (sebelum mengikuti kompetisi) ke 63 kilogram saat ini. Targetnya, ingin menurunkan lima kilogram lagi. Rasanya mungkin saja dengan kebiasaan Yuli yang mulai berubah ditambah kesadaran untuk lebih menjaga pola makannya.

1 Komentar

Filed under Kesehatan, Lifestyle

One response to “Ingin Sehat & Langsing? Tiru Cara Makan Orang Jepang

  1. … ohh jd itu toh tips.. langsing ala japan… bisa nggak yaa kita coba… ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s