Pekerjaan Penuh Tantangan Sepanjang Sejarah Terjawab Sudah

Sebuah pertanyaan terlontar ketika merenung “Sebenarnya pekerjaan apa yang paling menantang saat ini ?” jawabannya membersihkan kaca Burj Dubai, Tidak pernah terbayangkan bagi perusahaan yang mendapatkan tugas untuk merekrut pekerja yang suka ketinggian. Karena nantinya para pekerja itu akan ditugaskan untuk membersihkan jendela-jendela di gedung tertinggi dunia di Dubai, Burj Khalifa.

Menjulang di 2.717 kaki dan 1.292.500 kaki persegi dengan kaca.  Burj adalah sebuah bangunan megah, dan pemilik  bertekad agar kaca gedung  bersih dalam waktu singkat. Kaca gedung tampak berkilauan saat upacara pembukaan.

Harding, manajer umum perusahaan pembersih Cox Gomyl, mengatakan perusahaan dibayar  5 juta  euro untuk membersihkan kaca-kaca di Burj Dubai. Agar semua berjalan lancer mereka menggunakan peralatan berteknologi tinggi. Termasuk  saat membersihkan jendela di bagian yang paling sulit. Mereka merancang suatu alat seperti komidi putar semua mereka lakukan agar gedung tertinggi di dunia itu tampak selalu “kinclong” .

Dua belas mesin seberat 13 ton bisa membawa 36 orang pekerja untuk membersihkan kaca-kaca jendela. Para pekerja membersihkan kaca jendela dengan menggunakan air sabun biasa. Untuk membersihkan seluruh kaca jendela yang ada dibutuhkan waktu 3 bulan. Alat pembersih yang diciptakan dirancang khusus, alat tersebut dapat bekerja hingga ke rongga-rongga gedung. Di sepanjang gedung telah di pasang rel untuk menjalankan alat tersebut.

Mr Harding mengatakan perusahaan, yang berbasis di Melbourne, Australia, telah bekerja lembur untuk mendapatkan hasil terbaik. Mereka berharap Burj Dubai dapat kemilau di tengah banyak orang saat upacara pembukaan kemarin. Dia berkata:

Ini adalah tantangan besar. Arsitek punya harapan cukup tinggi. ‘Ini adalah ikon gedung dengan eksposur yang tinggi. Mereka ingin itu sebersih mungkin, terutama untuk pembukaan. “Ini konstruksi yang luar biasa. Orang-orang berfokus pada ketinggian bangunan.

Sebelum acara berlangsung sempat terjadi kesalahan.  Saat itu kelengkapan lampu gedung lupa di pasang hingga ke ujung menara.  Namun setelah disadari Mick Flaherty yang diberikan kepercayaan langsung memasang lampu-lampu itu.

Sebuah perusahaan yang berasal dari Timur Tengah sudah melakukan tahap uji coba sebelum gedung itu diresmikan. Perjalanan sehari-hari bekerja melibatkan dia mengambil lima lift ke lantai 160, naik melalui tujuh tingkatan lebih lanjut pada tangga vertikal, kemudian menekan ke puncak menara 6ft lebar dan keluar .

Mr Flaherty berkata:

Saya merasa seperti aku bisa melihat seluruh dunia. Ini benar-benar menakjubkan. ‘Ketika Anda memanjat tangga Anda membuka pintu kecil ini dan semua yang Anda lihat adalah langit biru. Matahari merasa luar biasa dekat. Itu hanya membuat Anda berkata-kata.

Aku sudah pergi melanglang buana  selama lebih dari sembilan tahun.  Tapi ketika saya menginjakan kaki ke gedung ini penuh rasa takut. Saya menyaksikan indahnya dunia dari atas dan ini membuat saya merinding dan takut. Ini puncak karier saya. Tidak ada yang akan pernah datang dekat dengan melakukan itu lagi.

Pekerjaan, yang membutuhkan waktu lebih dari sebulan sejak awal Agustus lalu, begitu melelahkan bahwa tim yang terlibat julukan dirinya sebagai ‘Men Of Steel’. Mick berkata:
Kami akan meluncur sekitar 200ft turun. Sebagai gedung berayun tentang Anda hanya tersisa terpental sekitar pada semua tali. “Itu benar-benar melelahkan karena Anda sedang naik dan turun tangga sepanjang hari. Ada sebuah platform di mana Anda bisa makan siang Anda tetapi Anda masih jauh dari toilet terdekat Anda atau persediaan air.
Pekerjaan sekarang sudah siap untuk masuk Guinness Book of Records sebagai pekerjaan akses tali tertinggi yang pernah selesai.
Weleh-weleh ngeri kalau melihat kebawah..
kayaknya mau pipis

1 Komentar

Filed under Berita

One response to “Pekerjaan Penuh Tantangan Sepanjang Sejarah Terjawab Sudah

  1. bener2 maha karya konstruksi !! hmmmm jangan2 gedung ini g akan lama bertahan sebagai yg tertinggi, karena bisa saja ada yg menyaingi, coz teknologi konstruksi sudah sangat canggih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s