Penetapan 1 Syawal 1431 H di Prediksi Lebaran Bareng

Penetapan 1 Syawal 1431 H di Prediksi Lebaran Bareng – Hari Raya Idulfitri yang jatuh pada 1 Syawal, selama ini bisa dirayakan berbeda hari di antara golongan di Indonesia. Namun untuk tahun ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperkirakan 1 Syawal akan jatuh di hari yang sama.

“Kami menduga 1 Syawal tahun ini akan sama semua. Insya Allah tidak ada perbedaan,” ujar Ketua MUI Ma’ruf Amin saat jumpa pers di Gedung MUI, Jln. Proklamasi Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

Menurut Ma’ruf, penentuan 1 Syawal menjadi kewenangan pemerintah dengan menggelar sidang isbat oleh Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Sidang isbat sendiri rencananya akan dilakukan besok, Rabu (8/9) pada sore hari dengan melibatkan pemerintah, MUI, dan ormas-ormas Islam.

“MUI mengimbau bila terjadi perbedaan waktu Hari Raya Idulfitri agar tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” imbuhnya.

Hari Jumat

Hari Raya Idulfitri 1431 H sendiri kemungkinan besar akan jatuh pada Jumat, 10 September mendatang. Namun keputusan final mengenai hal itu baru akan diambil dalam sidang isbat di Kementerian Agama.

“Memang ada kecenderungan tanggal 10 September, tapi belum kita putuskan. Yang akan memutuskan sidang isbat,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali, usai rapat mengenai pendidikan di kantor Wakil Presiden, Jln. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurut Suryadharma, diperkirakan pada tanggal 8 September besok keberadaan hilal masih di bawah minus 2 derajat, sehingga belum terlihat. Karena itu, ibadah puasa digenapkan menjadi 30 hari sampai tanggal 9 September. “Dengan demikian, tanggal 10 Lebaran-nya,” jelas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Ia menambahkan, sidang isbat akan digelar Rabu (8/9) mulai pukul 17.00 WIB. Sidang penentuan tanggal Hari Raya Idulfitri itu akan digelar di Kementerian Agama.

Bagaimana dengan masyarakat yang mendahului Lebaran? Menurut Suryadharma, mereka biasanya memakai penghitungan sendiri dan ia tidak mempermasalahkannya. “Jadi untuk sementara ini kita memberi kebebasan, tergantung bagaimana cara mereka menghitungnya,” tutupnya.

1 Komentar

Filed under Berita, Hari Ini

One response to “Penetapan 1 Syawal 1431 H di Prediksi Lebaran Bareng

  1. Irman_fis 06

    Alhamdulillah…akhirnya seluruh indonesia bisa merayakan idul fitri 1 syawal 1431 H serentak pada tgl 10 september 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s