Presiden China Gusur Obama

Presiden Obama dan Presiden Hu Jianto

Presiden Obama dan Presiden Hu Jianto

Presiden China Gusur Obama – China kini menempati urutan teratas dalam pengaruh global, setelah Majalah Forbes menempatkan Presiden Cina Hu Jintao sebagai “Manusia Paling Berkuasa di Dunia.” dengan demikian Presiden China Gusur Obama ke posisi kedua.

Majalah bisnis kenamaan asal AS itu menerbitkan daftar 68 orang paling berkuasa, dalam edisi teranyar mereka. “Dari 6,8 miliar penduduk Bumi, ada 68 yang paling penting,” tulis penyusun daftar Nicole Perlroth dan Michael Noer dalam situs Forbes.

Pemilihan didasarkan pada empat kriteria, yaitu jumlah orang yang berada dibawah kekuasaannya, sumber dana, banyaknya lapisan kekuasaan, dan kemampuan tokoh mengembangkan kekuasaannya.

Di posisi tiga bertengger Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz. Disusul Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dan Paus Benedictus XVI. Tokoh bisnis juga masuk, seperti pendiri Microsoft Bill Gates di posisi 10, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg (40). Ada pula pembawa acara tersohor Oprah Winfrey (64).

Yang mengejutkan, Forbes menempatkan tokoh antagonis dalam daftar mereka. Pemimpin Al-Qaeda Usamah bin Ladin dianggap sebagai paling berkuasa di urutan 57. Sementara Gembong Kartel Obat Terlarang Meksiko Joaquin Guzman menduduki posisi 60 dan dedengkot kriminal India Dawood Ibrahim Kaskar di 63. “Kekuasaan bisa digunakan untuk kebaikan atau keburukan,” kata Perlroth dan Noer.

Dari 68 tokoh tersebut, tidak ada satu pun warga Indonesia.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s