Insiden Salaman Tifatul Jadi Lelucon Televisi di AS

Insiden Salaman Tifatul jadi lelucon televisi di AS, kejadian yang serasa biasa saja menjadi luar biasa ketika media memberitakannya, entah sengaja atau tidak disengaja atau mungkin saja insiden namun hal ini telah melebar ke media internet sehingga batas-batas teritorial individu menjadi bahan tertawaan publik dunia, bahkan lelucon sebuah acara televisi Amerika Serikat (AS) yang meledek Menkominfo Tifatul Sembiring yang cenderung rasis, sebagaimana dilansir dari Inilah.com

Anggota Fraksi PKS Shohibul Iman menilai lelucon itu sebagai bentuk pelecehan terhadap simbol negara Indonesia.

“Itu sudah pelecehan betul. Bukan hanya kepada Pak Tifatul namun juga kepada rakyat Indonesia dan simbol negara,” tukas Shohibul kepada INILAH.COM, Jumat (12/11/2010).

Ia merasa geram karena AS yang semestinya menjaga perasaan warga negara lain, malah merendahkan martabat. Ia kuatir lelucon itu mengganggu tata pergaulan antara kedua negara.

“Lelucon itu terlalu jauh. Karena merendahkan martabat warga negara lain. Ini tidak elok dan mengganggu tata pergaulan internasional,” tandasnya.

Seperti diberitakan, Menteri Negara Telekomunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menjadi bulan-bulanan di acara televisi di AS.

Adalah acara The Colbert Report yang menampilkan adegan salaman antara Tifatul Sembiring dan Ibu Negara AS Michelle Obama di Istana Merdeka, Selasa (9/11/2010).

Acara yang dipandu Stephen Colbert itu habis-habisan menjadikan Tifatul Sembiring sebagai bahan lelucon. Bahkan menempatkannya sebagai laporan utama, “Best of The Rest” dengan judul “Michelle Obama’s Embarrassing Handshake”.

Salaman itu menjadi perhatian warga AS karena terbilang kasus langka. Acara itu menertawakan bagaimana Tifatul yang disebut sebagai seorang menteri yang konservatif bisa bersalaman dengan Michelle dan menyalahkan Michelle atas kejadian itu.

Pembawa acara tersebut menyebutnya sebagai perilaku munafik karena menyatakan bahwa salaman itu bukan kehendaknya. Namun, di acara itu juga ditampilkan bagaimana Tifatul menyambut uluran tangan Michelle.

Satu hal lain yang menjadi perhatian adalah respons Tifatul di Twitter dan Facebook. Colbert mengejek Tifatul sebagai seorang konservatif tetapi mau menggunakan Twiiter. Bahkan Cobert mengungkapkan komentar yang cenderung rasis. “Benarkah, ia pakai Facebook dan Twitter? Saya tahunya orang Indonesia berkomunikasi denga cara memukul-mukul kelapa ke batang pohon,” kata Colber disambut gelak tawa hadirin

2 Komentar

Filed under Berita, Hari Ini

2 responses to “Insiden Salaman Tifatul Jadi Lelucon Televisi di AS

  1. Acara nya Partai Republik kali??

  2. endah nawangsasi

    Penyiar tv di negara Amerika yang mengomentari ibu Presiden pada saat berjabat tangan dengan pak Tifatul benar benar memperlihatkan sebagai penyiar yang bodoh karena berwawasan sempit. Dia tidak tahu dan tidak memahami budaya Indonesia yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman budaya. contohnya macam bentuk jabat tangan yang berbeda beda disetiap daerah di indonesia. Seperti yang dilakakukan pak Tifatul adalah model jabat tangqan fdaerah sunda. Makanya jadi penyiar negara adidaya jangan asl cuap2 namun perlu mempelajari budaya bangsa lain agar tidak memalukan bangsanya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s